Tenteng Kenari yang Manis, Oleh-oleh Camilan Khas Selayar

Tenteng Kenari Khas Selayar
Tenteng Kenari Khas Selayar. (Source: Disparbud Kep. Selayar)

TURISIAN.com – Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan menyimpan banyak daya tarik wisata, dari alam hingga kuliner. Nah untuk kulinernya cukup beragam pula, termasuk camilan khas Selayar seperti Tenteng Kenari yang manis.

Penganan khas Selayar ini, dari namanya sudah jelas bahwa makanan tersebut berbahan utama kenari. Di pulau tersebut kenari memang menjadi tanaman yang banyak tumbuh. Terutama di daerah dataran tinggi yang relatif bersuhu dingin.

Untuk proses pembuatan kue Tenteng Kenari ini sendiri tidak terlalu sulit. Bahan utamanya biji kenari yang sudah terkupas kulitnya. Kemudian memasaknya dengan campuran lumeran gula merah.

Gula merah tersebut harus mendidih dulu dengan air panas dan aduk hingga mengental. Lalu biji kenari masukkan dan cetak ketika masih panas dengan sendok makan. Setelah itu dinginkan sampai mengeras.

Sobat Turisian bisa membeli kue Tenteng Kenari ini sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Bumi Tanadoang tersebut. Oleh-oleh khas Selayar yang satu ini banyak penjualnya di Pasar Sentral Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca juga: Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Selayar yang Patut Kalian Coba!

Camilan manis tersebut mereka jual dalam kemasan plastik mika. Satu kemasan penjual banderol dengan harga berkisara antara Rp15.000 sampai Rp 20.000. Harga yang cukup murah untuk camilan khas daerah yang bercita rasa manis dan lezat ini.

Proses Pembuatan Tenteng Kenari

Proses pembuatan camilan khas Selayar ini, harus terlebih dahulu menyiapkan bahan biji kenari. Langkah pertama, merendam dulu kenari selama dua hari. Kemudian setelah itu bagian dari luarnya kupas dengan cara menekan menggunakan ujung jari.

Jika seluruh kulit terlepas, masuk tahap selanjutnya yakni menjemur buah kenari di bawah sinar matahari langsung. Setelah penjemuran saatnya mengambil biji-biji kenarinya dengan cara memecahkan buah keras yang satu ini memakai batu atau karang.

Tahap berikutnya memisahkan kulit arinya, hingga menghasilkan daging kenari yang siap olah menjadi kue Tenteng Kenari. Campuran bahan lainnya, antara lain gula pasir, gula merah, dan air.

Setelah semua bahan siap, masak air hingga mendidih. Selanjutnya masukkan gula merah lalu gula pasir serta masukkan kacang kenari lalu aduk hingga merata dan adonan menjadi kental.

Baca juga: Deretan Spot Menyelam Kepulauan Selayar dengan Pesona yang Aduhai

Kemudian cetak menggunakan sendok, letakkan dalam wadah bambu dan lakukan hingga adonan habis lalu dinginkan. Setelah itu, Tenteng Kenari pun siap Sobat Turisian santap.*

 

Pos terkait