Sirukam Dairy Farm Solok Tawarkan Wisata Edukasi yang Menyenangkan

Sirukam Dairy Farm
Sirukam Dairy Farm di Kabupaten Solok, Sumbar. (Source: @sirukamdairy)

TURISIAN.com – Sirukam Dairy Farm merupakan objek wisata edukasi peternakan dan perkebunan yang menyenangkan di Kabupaten Solok. Tempat ini pun kini sedang digemari para wisatawan. Sobat Turisian wajib mampir ke sini untuk merasakan keseruannya.

Destinasi wisata berbasis edukasi tersebut terletak di Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sobat Turisian bisa mengaksesnya melalui Jalan Raya Solok Alahan, dengan jarak sekira 25 km dari pusat kota Solok.

Sepanjang perjalanan ke Sirukam Dairy Farm, Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan panorama alam berupa hamparan sawah di sisi kiri dan kanan jalan. Jalurnya pun akan melewati kawasan lereng bukit dengan tikungan tajam.

Meski demikian, Sobat Turisian akan menyaksikan keindahan hamparan lanskap Kabupaten Solok di sisi kanan jalan. Kalau cuaca lagi bagus akan tampak jelas jajaran Bukit Barisan serta wajah kabupaten dan kota Solok dari ketinggian.

Begitu tiba tampak gerbang Sirukam Dairy Farm yang memang belum terlihat istimewa, tapi setelah masuk ke kawasan taman, suasana seketika berubah. Ketika cuaca cerah dari Taman Sirukam akan terlihat pemandangan indah kawasan utara Sumbar, jelas terlihat siluet Gunung Marapi, Sago, dan Singgalang berjejeran.

Baca juga: Menelusuri Keindahan Destinasi Kabupaten Solok, Berikut Pesona Alamnya

Belum lagi pemandangan bentangan Danau Singkarak serta di bagian selatan berdiri megah Gunung Talang yang terlihat sangat jelas. Di sini juga ada, Sobat Turisian bisa rehat di coffe shop, spotr yang asyik menikmati alam dengan teman secangkir kopi.

Peternakan Hewan dan Kebun Tanaman Hias

Sirukam Dairy Farm sendiri mengusung tema eduwisata yang artinya edukasi menjadi fokus agar tak hanya berwisata. Tapi juga bisa mendapat  pengetahuan seputar peternakan dan perkebunan.

Sejak mulai buka pada libur lebaran Idul Fitri 2022 lalu, pengunjung terlihat sangat antusias. Hampir setiap hari tempat ini selalu ramai wisatawan. Mereka banyak berkunjung ke masing-masing spot hewan ternak dan kebun tanaman hias

Para petugas pun dengan sigap akan menampung pertanyaan dan menjelaskan detailnya. Sehingga Sobat Turisian saat pulang dari Sirukam Dairy Farm akan mendapat wawasan tentang peternakan dan perkebunan.

Di dalam area seluas 20 hektare itu, tak hanya ada taman. Tapi Sobat Turisian pun bisa melihat kandang sapi perah yang berjumlah lebih kurang 150 ekor, 500 lebih ayam kukuak balenggek, ayam petelor, domba, kambing dan berbagai tanaman hias.

Keberadaan kandang-kandang hewan ternak ini untuk menunjang salah satu tujuan tempat ini. Yaitu untuk mengedukasi pengunjung tentang peternakan, khususnya peternakan modern. Di sini Sobat Turisian pun bisa melihat dan mengetahui bagaimana cara beternak kambing, penggemukan sapi, beternak ayam kukuak balenggek secara modern.

Tiket Masuk & Paket Wisata Sirukam Dairy Farm

Untuk bisa masuk ke kawasan eduwisata di Solok yang satu ini, cukup bayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk akses ke seluruh kandang dan termasuk bonus satu botol susu sapi.

Objek wisata Sirukam Dairy Farm juga menyediakan Paket Wisata yang menarik untuk Sobat Turisian coba. Pihak pengelola menyediakan paket tour untuk kelompok besar minimal 20 orang. Nantinya rombongan ini sudah bebas mengakses seluruh area peternakan plus guide untuk bertanya-tanya seputar peternakan modern.

Baca juga: Petualangan ke Gua Batu Kapal Solok Selatan yang Berbentuk Mirip Perahu

Walau daya tarik utamanya untuk eduwisata, namun tempat ini juga menarik untuk kegiatan foto-foto. Berswafoto di tempat ini juga bagus karena suasana tempatnya juga instagramable banget Sob!*

Pos terkait