Petualangan ke Gua Batu Kapal Solok Selatan yang Berbentuk Mirip Perahu

Gua Batu Kapal Solok
Gua Batu Kapal di Solok Selatan, Sumbar. (source: @sumbartravel)

TURISIAN.com – Kabupaten Solok Selatan memiliki satu obajek wisata gua yang menakjubkan dan menjadi tempat wisata favorit di Sumatera Barat. Dikenal dengan nama Gua Batu Kapal (GBK), berada di Kecamatan Sangir Balai Jinggo.

Pemberian nama Gua Batu Kapal berasal dari masyarakat setempat. Sebab mereka melihat bentuk gua ini menyerupai sebuah kapal. Alasan itu pun semakin kuat dengan adanya empat lorong batu kapur yang disamakan dengan empat ruang kabin pada sebuah kapal.

GBK Solok ini menyajikan keindahan berupa fenomena geologi alami yang mempesona, Sobat Turisian. Pesona dari cahaya matahari yang masuk ke dalam gua melalui celah lubang di atas, sehingga menciptakan keindahan warna-warni mirip pelangi pada dinding bebatuan.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Momen inilah yang mengundang banyak wisatawan datang ke GBK Solok Selatan. Hingga gua ini menjadi salah satu tempat wisata favorit Kabupaten Solok Selatan, selain Kawasan Seribu Rumah Gadang.

Jalur di dalam Gua Batu Kapal

Sobat Turisian yang ingin masuk ke dalam gua, harus ada pendampingan dari pemandu lokal di sana. Karena di dalam Gua Batu Kapal terdapat banyak lorong, hanya pemandu lokal yang mengerti jalur aman untuk dilalui.

Tak hanya banyak lorong, jalur di dalam GBK juga bermacam-macam konturnya. Ada jalur menurun dan naik yang dapat membuat orang tersesat jika tak kenal medan. Jadi saat masuk gua ini, Sobat Turisian harus berhati-hati dan selalu ikuti arahan dari pemandu lokal. Agar terhindar dari bahaya cedera dan kemungkinan tersesat di dalam gua.

Bersiap pula untuk melintasi jalanan basah, berbatu, aliran sungai dangkal, dan sesekali tercium bau kotoran kelalawar. Makanya disarankan memakai outfit dan sepatu yang sesuai untuk kegiatan di alam bebas. Oh ya, Sobat Turisian juga jangan lupa untuk membawa pakaian ganti!

Baca juga: Perjuangan Menuju Keindahan Gua Rangko, Hidden Gem di Labuan Bajo

Nah, selain perlengkapan yang sesuai, baiknya berkunjung ke Gua Batu Kapal sekitar pukul 10 pagi. Di periode waktu tersebut, posisi sinar matahari sedang pas masuk ke dalam celah-celah gua. Jadi Sobat Turisian bisa menikmati keindahan warna-warni pantulan cahaya di dinding gua yang menakjubkan.*

 

 

Sumber: @sumbartravel

Pos terkait