Nikmati Pesona Air Terjun Dait di Kabupaten Landak yang Menakjubkan

Air Terjun Dait
Air Terjun Dait Kab. Landak, Kalbar yang menakjubkan. (Source: Disporapar Kab. Landak)

TURISIAN.com – Ingin liburan dengan suasana tak biasa, Sobat Turisian bisa coba berpetualang ke objek wisata Air Terjun Dait yang menakjubkan. Lokasinya ada di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Destinasi wisata tersebut menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta wisata alam. Pesonanya terletak pada jumlah air terjun yang terdiri dari rangkaian air terjun 7 tingkat. Suasana kawasan yang terletak 200 mdpl ini pun sangat sejuk dengan hutan yang masih terjaga. Bakal membuat Sobat Turisian betah berlama-lama.

Air Terjun Riam Dait terkenal juga dengan sebutan Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Remabo. Tergolong air terjun tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan di sepanjang punggungan bukit, walau terpaut cukup jauh jaraknya.

Tinggi air terjun pada tingkat pertama mencapai sekitar 60 meter. Kemudian tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20-30 meter. Pada setiap tingkatan, air terjunnya ada yang berbentuk melebar dan ada pula berbentuk berundak-undak kecil.

Keindahan air terjun ini tampak pada besaran debit airnya. Berada di aliran Sungai Dait sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait. Bukan hanya itu, di sekitarnya atau di setiap kolam di bawah jatuhan air terjun terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu Sobat Turisian temui di air terjun lainnya.

Baca juga: Jelajah Wisata Alam ke Air Terjun Bedawat, Hidden Gem Kalbar yang Memukau

Jika ingin merasakan sensasi yang lebih seru, kalian bisa berkemah di kawasan Air Terjun Dait tersebut. Sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena adanya pasir putih.

Kegiatan berkemah di objek wisata alam ini sangat tepat, karena dengan itu Sobat Turisian bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel. Di samping itu, lokasinya yang terletak di tengah hutan hujan Kalimantan, membuat pemandangan sekitarnya masih sangat alami.

Lokasi Air Terjun Riam Dait

Objek wisata alam yang satu ini berlokasi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia. Berjarak lebih dari 54 km dari Kota Ngabang dan dapat Sobat Turisian tempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Durasi perjalanan ke Air Terjun Dait dari Kota Ngabang tersebut, umumnya selama kurang lebih 3 jam menuju arah Serimbu. Sampai di pertigaan perbatasan Semuntik-Sekendal, kalian tinggal belok kanan menuju arah Sanggau.

Setelah sekira menempuh jarak 5 km berkendara akan menemui petunjuk arah di kiri jalan menuju air terjun tersebut. Kondisi jalannya masih tanah sehingga sangat riskan dan sulit kalian jangkau jika cuaca hujan atau selepas hujan karena berberapa jalan akan berlumpur.

Baca juga: Menjelajahi Keindahan Hutan Mangrove Setapuk Besar Singkawang

Sekitar 30 menit perjalanan menempuh jalan tanah, Sobat Turisian akan sampai di tempat pemberhentian kendaraan. Dari situ lanjut dengan berjalan kaki 30 menit menuju lokasi Air Terjun Dait.*

Pos terkait