Naik Kereta Bandara YIA, Perhartikan 5 Hal Ini

Naik Kereta Bandara YIA
Kereta Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) ini sangat membantu calon penumpang maskapai karena mempersingkat jarak tempuh. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Naik  kereta bandara YIA (Yogyakarta International Airport) di Kulon Progo, kini cukup membantu calon penumpang maskapai.

Tidak saja, jarak tempuh yang lebih singkat, tetapi juga lebih bisa memberikan kenyamanaan karena tepat waktu.

Bagi penumpang yang  akan melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang tak perlu khawatir ketinggalan penerbangan.

Jika selama ini dari Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA butuh waktu 90 menit menggunakan kendaraan, dengan kereta Bandara ini cukup hanya 39 menit saja.

BACA JUGA: Menggunakan Kereta Bandara Yogyakarta, Jangan Lupa Update Harga Tiket

Kereta bandara ini menempuh rute Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan berakhir di Stasiun Bandara Yogyakarta.

Tips naik kereta bandara YIA

Berikut tips naik kereta bandara YIA seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com, Senin 2 Januari 2022:

1. Pesan tiket online 

Disarankan calon penumpang untuk membeli tiket kereta bandara melalui online, guna mengantisipasi tiket habis pada waktu keberangkatan.

Untuk diketahui, pembelian tiket kereta bandara YIA dapat dilakukan melalui online dan offline.

BACA JUGA: Berwisata ke Kota Kembang, Coba Naik Kereta Api Bogor-Bandung, Ini Sensasinya

Pembelian offline dapat melalui meja informasi stasiun dan vending machine yang tersedia di stasiun kereta bandara YIA.

Lebih Baik Datang Lebih Awal

Sementara, pembelian tiket kereta bandara YIA lewat online melalui aplikasi KA Bandara, website Railink di reservation.railink.co.id, serta KAI Access di menu KA bandara.

2. Datang 30 menit sebelum keberangkatan

Calon penumpang kereta bandara YIA sebaiknya  tiba di stasiun maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Sebab, calon penumpang akan melalui proses verifikasi tiket lebih dulu, serta pengecekan syarat naik kereta bandara lainnya.

Jika ingin lebih nyaman lagi, disarankan calon penumpang berada di stasiun maksimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

BACA JUGA: PT KAI Berikan Fasilitas Playstation Gratis untuk Kereta Jarak Jauh, Ada di Stasiun Ini

3. Persiapkan syarat naik kereta bandara 

Untuk mempermudah proses verifikasi, calon penumpang kereta bandara YIA untuk mempersiapkan sejumlah syarat naik kereta bandara.

Meliputi, aplikasi Peduli Lindungi, atau kartu vaksin Covid-19 minimal  dosis pertama, kode booking tiket, dan kartu identitas.

4. Ketahui batas maksimal beli tiket langsung 

Perlu diperhatikan, pembelian tiket kereta bandara YIA secara langsung di stasiun memiliki batas waktu maksimal pembelian. Oleh sebab itu, calon penumpang harus memperhitungkan batas waktu pembelian tiket tersebut agar tidak ketinggalan kereta.

BACA JUGA: Rute Internasional Bandara YIA mulai Dibuka Januari 2023

Selain itu, calon penumpang diimbau mempersiapkan kartu identitas karena wajib memasukkan data nomor kartu identitas saat pembelian tiket.

5. Cek jadwal kereta bandara 

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah calon penumpang diimbau mengecek lebih dulu jadwal kereta bandara YIA. Dengan mengetahui jadwal kereta, maka calon penumpang bisa memilih perjalanan kereta bandara yang sesuai dengan jadwal penerbangan.

Adapun media sosial KA Bandara meliputi, Instagram @kabandararailink, Facebook @KABandaraRailink, dan Twitter @KAIBandara. ***

Pos terkait