Arus Lalu Lintas Terkendali, Jalur Puncak tak Diberlakukan Satu Arah

Jalur Puncak
Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Arus lalu lintas terkendali, Kepolisian Resor Bogor tidak memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 31 Desember 2022.

Volume kendaraan, baik dari arah Jakarta menuju puncak atau sebaliknya masih terlihat lancar dan tidak terlihat kemacetan.

Berdasarlan pantauan di lapangan, arus ke Jalur Puncak Bogor, arah menuju Puncak dan arah sebaliknya relatif ramai lancar.

Sejak pagi hingga siang hari cuaca Kawasan Puncak diguyur hujan rintik-rintik.

BACA JUGA: Festival Malam Tahun Baru 2022 di Jakarta, Perhatikan Rekayasa Lalulintas Ini

Meski begitu, Kepolisian tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem ganjil genap kendaraan.

Setiap kendaraan yang ingin melintas menuju Puncak, diperiksa terlebih dahulu plat nomornya oleh petugas tepat di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Pasar Cisarua

Adapun sedikit antrean kendaraan terjadi di dua titik Jalur Puncak. Yaitu di Pasar Cisarua tepatnya antrean kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta.

Dan di Masjid Atta-Awun antrean kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog, menduga penurunan volume kendaraan di Jalur Puncak ini karena mereka yang ingin merayakan Tahun Baru di Puncak, sudah tiba di lokasi sejak Jumat.

BACA JUGA: Ingin Coba Sosis Premium Ala Jerman, Datang aja ke Puncak Bogor

Pasalnya, terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak pada Jumat, jika dibandingkan dengan hari biasa.

Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang itu karena masyarakat yang ingin merayakan Tahun Baru di Puncak lebih awal tiba.

“Sebelum jalurnya ditutup total atau Car Free Night (CFN) pada malam Tahun Baru, mereka sudah berada di puncak,” kata Iman seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, malam ini.

BACA JUGA: 6 Tips Mencari Penginapan di Puncak versi Traveloka Saat Liburan

Pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem ganjil genap kendaraan sejak Jumat pukul 15.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 24.00 WIB.

Begitu pun suasana arus kendaraan dari Cianjur-Puncak Cipanas terlihat terkendali. Hanya terjadi sedikit tersendat, tepatnya di depan pasar Cipanas. ***

Pos terkait