Ajak Anak-anak Mengenal Perkeretaapian, KAI Hadirkan Program Edutrain

Edutrain KAI
Program Edutrain KAI

AIKTURISIAN.com – Dalam rangka mengenalkan anak-anak tentang perkeretaapian, PT. KAI menghadirkan porgram edukasi bernama Edutrain. Jadi kalau sewaktu saat nanti Sobat Turisian bertemu rombongan siswa TK, SD, maupun SMP yang sedang berkumpul di stasiun, itulah bentuk program ini.

Saat mengikuti program edukasi KAI ini, para siswa akan berkumpul di stasiun. Kemudian mereka mengantre untuk naik kereta dengan panduan petugas KAI. Petugas ini pun akan memberikan informasi terkait perkeretaapian.

Para peserta Edutrain KAI tersebut, biasanya berasal dari sekolah-sekolah di sekitar stasiun. KAI memfasilitasi kegiatan dari sekolah dan para siswanya ini sebagai bagian dari program edukasi perkeretaapian dan transportasi massal kepada anak-anak.

Program ini mengajak para siswa ini, berkeliling stasiun untuk melihat fasilitas dan layanan KAI. Serta bertemu dengan petugas berbagai profesi di stasiun dan kereta.

Selain itu, para siswa ini pun akan mendapat wawasan tentang langkah-langkah yang harus mereka lakukan jika ingin naik kereta. Mulai dari membeli tiket baik secara online maupun langsung di loket stasiun, proses check in, boarding, hingga mencari nomor kereta dan tempat duduk.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta yang Menarik Kalian Kunjungi!

Sembari menikmati langsung pelayanan KAI selama perjalanan dengan kereta api dalam program Edutrain ini, petugas yang mendampingi akan menyosialisasikan beberapa hal penting terkait perkeretaapian. Seperti etika dan aturan dalam perjalanan, sosialisasi terkait keselamatan di pelintasan sebidang, dan larangan vandalisme.

Harapan dan Cara Pengajuan Program Edutrain KAI 

Kegiatan bagian dari program edukasi KAI tersebut memang sebagian besar menyasar para pelajar. Namun tidak menutup kemungkinan akan menerima peserta umum juga.

“Kegiatan Edutrain ini kami harap dapat menjadi sarana edukasi terkait perkeretaapian kepada para pelajar, khususnya dan masyarakat pada umumnya. Setelah mengikuti kegiatan ini, mudah-mudahan kepedulian akan keselamatan baik selama di stasiun, selama di perjalanan dengan kereta api, maupun di sepanjang jalur akan meningkat,” papar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

“Kami juga berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan di kalangan generasi muda terhadap transportasi massal berbasis rel ini. Sehingga akan tumbuh kesadaran untuk sama-sama menjaga sarana dan prasarana kereta api untuk keselamatan bersama,” tambahnya.

Baca juga: Nih Aturan Berfoto di Stasiun Kereta Api yang Harus Kamu Taati!

Nah, bagi pelajar atau masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Edutrain KAI cukup mengirimkan surat permohonan dengan menyertakan nomor kontak. Surat tersebut ditujukan ke Kantor Daop/Divre ataupun ke stasiun yang tujuan.*

 

 

Sumber & Foto: kai.id

Pos terkait