WIKA Group Salurkan Bantuan Bencana Gempa Cianjur Lewat TJSL

WIKA Group
Tenda pengungsian dari Kementerian Sosial di Kp Longkewang,Desa Gasol. Kecamatan Cugenang,Kabupaten Cianjur. Foto: Ist

TURISIAN.com – WIKA Group menyalurkan bantuan bencana gempa Cianjur, Jawa Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Bantuan tersebut menjangkau 10 titik tanggap bencana di Cianjur dengan nilai 1,9 Milyar, berupa mulai dari alat berat, mendirikan klinik modular hingga tenda darurat.

Termasuk, sembako juga telah berhasil tersalurkan dengan melibatkan dukungan dari proyek maupun entitas anak.

“Salah satu keunggulan pada sistem modular terletak pada metode pemasangan yang lebih praktis dan singkat. Sehingga Klinik darurat yang memiliki luas 162 m2 ini dapat dibangun dalam waktu 5 hari,” kata Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito (Agung BW) dalam keterangan persnnya, Kamis 8 Desember 2022.

BACA JUGA: Dibalik Gempa Cianjur, Daerah Ini ternyata Memiliki Kuliner Khas Lho

“Klinik modular ini menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri sekaligus dapat difungsikan di Desa Salakawung”, sambung Agung.

Agung BW menambahkan bahwa pembangunan klinik modular ini juga merupakan yang pertama kali dilakukan pada lokasi bencana di Indonesia.

Terutama karena memenuhi unsur ketahanan terhadap gempa susulan yang berpotensi terjadi.

Dengan kesuksesan pembangunan tersebut, pembangunan klinik modular dapat juga diterapkan dalam keadaan darurat yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

BACA JUGA: Beredar Video Ini Pasca Gempa Garut, Menggambarkan Suasana Pantai Sayang

Klinik Modular

Pembangunan klinik modular tersebut telah melalui perjuangan yang cukup menantang dikarenakan kondisi medan yang berat akibat puing reruntuhan.

Dan timbunan tanah longsor yang menutup akses jalan sekaligus jalur yang sempit.

Meskipun memakan waktu tempuh 11 jam, 20 unit modular tersebut berhasil dikirimkan dari rumah produksi modular WEGE di Cileungsi menuju titik lokasi.

Bantuan perlengkapan berupa tenda berukuran 6×8 meter dan 7 unit genset pun turut disalurkan oleh WIKA Group sebagai tempat untuk beristirahat masyarakat akibat gempa yang merobohkan rumah mereka.

BACA JUGA: 15 BTS Telekomunikasi Terdampak Gempa Cianjur Belum Pulih

Selain itu, terdapat tenda darurat yang berfungsi sebagai fasilitas publik berupa musholla. Ada pula kamar mandi umum yang dibangun pada sejumlah titik terdampak bencana.

Tak hanya sampai di situ, WIKA Group juga menyalurkan bantuan yaitu berupa sembako. Ada juga, air minum, obat-obatan dan keperluan bayi secara langsung.

Agung BW menambahkan, bahwa WIKA terus berkoordinasi dengan PT Jasamarga (Persero) selaku PIC Satgas Cianjur dalam penyaluran bantuan pada titik tanggap bencana. ***

Pos terkait