Ada Pulau di Kepulauan Widi Halmahera akan Dijual, Ini Kata Menparekraf

Kepulauan Widi
Somola dan Tanjung Bongo adalah salah satu tempat wisata di Galela, Maluku Utara yang sangat indah. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pemerintah Indonesia memastikan tidak ada satu pun pulau di Kepulauan Widi, Halmahera, Maluku Utara akan dijual.

Sebagaimana diketahui, belum lama ini beredar rumor bahwa salah satu pulau di Kepulauan Widi akan di jual. Dan, sudah barang tentu,  nantinya akan dikelola pihak asing.

“Sudah saya jelaskan secara tegas. Pulau-pulau yang ada di gugus Kepulauan Widi adalah milik Indonesia. Saya garis bawahi, tidak dijual,” tegas Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com, Selasa 6 Desember 2022.

Kabar bahwa pulau-pulau di Kepulauan Widi akan dilelang muncul pada situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Kabar itu, langsung memicu banyak reaksi.

BACA JUGA: Tiga Destinasi Wisata Halmahera Barat yang Eksotis dan Wajib Kalian Eksplorasi

Masih kata Sandiaga,  bahwa pulau tersebut justru akan dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata, dengan bentuk kerja sama oleh pihak ketiga.

“Jadi pulau-pulau tersebut oleh pemerintah daerah dikerjasamakan dengan pihak ketiga, pihak swasta yang berbasis di Bali untuk pengembangan investasi dan juga pengembangan akomodasinya,” tutur dia.

Pihaknya bersama pemerintah daerah Halmahera Selatan juga tengah mendalami kerja sama yang dilakukan dengan pihak swasta tersebut.

“Pengelolaan ini saya diberitahu oleh pak bupati, itu pengelolaan jangka panjang, jadi itu adalah kerja sama antara pemerintah daerah melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)-nya dengan pihak ketiga,” tuturnya.

Ia menyampaikan, kerja sama ini akan tetap berlangsung, sambil melihat investor baru yang terjaring lewat proses penawaran investasi dan pengelolaan kepulauan tersebut.

BACA JUGA: Ada Raja Ampat Baru Lho, Tempatnya di Pulau yang Cukup Menawan

“Sekarang ini yang ditawarkan kepada investor luar negeri itu adalah bentuk kerja samanya, jadi tidak dijual, tidak ada sekeping Tanah Air kita yang dijual, karena memang itu adalah milik bangsa kita,” ujar Menparekraf.

Maladewa-nya Indonesia

Menurutnya, Kepulauan Widi menyimpan pesona alam yang berpotensi menjadikan kawasan tersebut sebagai Maldives.  Atau Maladewa-nya Indonesia.

Kepulauan ini juga menjadi salah satu daya tarik utama di Indonesia Timur, selain Raja Ampat di Papua Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Pulau Dodola, Surga Keindahan Alam di Pulau Morotai Maluku Utara

Tidak hanya itu, pulau-pulau di Kepulauan Widi memiliki keunikan berupa hamparan pasir putih dan terumbu karang yang kaya akan berbagai jenis ikan.

Dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Kepulauan Widi memiliki total 99 pulau, tiga atol. Dan dua gugusan pulau yang dikenal oleh nelayan yakni Pulau Daga Gane dan Daga Weda.

Pulau inilah yang menjadi surga bagi para nelayan sebagai sumber mata pencaharian. Hal ini karena mempunyai potensi perikanan yang besar.

Selain itu, spot snorkeling dan wisata bawah laut Kepulauan Widi juga bisa dinikmati oleh wisatawan pencinta olahraga air. ***

Pos terkait