DPRD Kabupaten Bogor Dorong Setu Cibinong Menjadi Sport Tourism

Setu Cibinong
Cibinong Setu Plaza yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini akan dijadikan salah satu sport tourism. Foto: Ist

TURISIAN.com – DPRD Kabupaten Bogor mendukung penuh terhadap keberadaan Setu Cibinong  untuk dijadikan sarana olahraga, wisata sekaligus kawasan kuliner.

Apalagi kawasan ini memang memiliki potensi yang bisa dikelola lebih baik lagi, sebagai bagian dari taman rekreasi di ibu kota Kabupaten Bogor.

“Sudah lebih dari seminggu, Cibinong Situ Plaza dibersihkan oleh Forkopimda Kabupaten Bogor. Asalkan sesuai aturan, saya mendukung apabila setu dan lahan disekelilingnya menjadi sarana olahraga, wisata dan kuliner,” kata Ketua DPRD Rudy Susmanto kepada wartawan, Minggu 27 November 2022.

Belakangan, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) sering melakukan  bersih-bersih Cibinong Situ Plaza.

BACA JUGA: Dispora Kabupaten Bogor Ingin Event Gowes 2023 Makin Meriah

Dengan dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, objek wisata dan kuliner. Situ diharapkan tidak lagi terlihat kotor karena banyaknya sampah maupun tanaman liar pengganggu.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan sebagai sarana olahraga dan wisata. Cibinong Situ Plaza juga bisa menjadi tempat pelatihan kesiapsiagaan bencana alam. Seperti operasi dayung patah dan banjir.

Penebaran 15.000 ekor bibit ikan

“Masyarakat harus dilatih kesiapsiagaan bencana alam. Cibinong Situ Plaza bisa dimanfaatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Maupun Dinas Pemadam Kebakaran untuk bagaimana menyelamatkan korban hanyut dan lainnya,” lanjutnya.

Diwawancarai ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja mendukung pelestarian ekosistem di Cibinong Situ Plaza.

Tak hanya ikut membersihkan, jajaran Diskanak juga melakukan penebaran 15.000 ekor bibit ikan tawar seperti nila, tawes, mas dan lainnya.

BACA JUGA: Video: Suasana saat Peserta LBC 2022 saat Start di GOR Pakansari

Namun, untuk pilot project. Diskanak sudah menyiapkan anggaran untuk menjadikan Situ Citatah, Cibinong untuk menjadi objek wisata air percontohan.

“Yang udah kami siapkan ialah wisata air di Situ Citatah. Dimana ada kerambah ikan hingga juga termasuk wisata edukasi perikanan,” ucap Oetje Soebagdja.

“Namun tidak menutup kemungkinan, kami juga menerapkan hal yang sama di Cibinong Situ Plaza,” sambungnya.

BACA JUGA: Dispora Kabupaten Bogor Ingin Event Gowes 2023 Makin Meriah

Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor Letkol (Inf) Gan Gan Rusdiantara Rusgandara menuturkan Cibinong Setu Plaza sangat cocok untuk sarana olahraga seperti dayung, kayak, kanu dan lainnya.

“Agar terus bersih, maka Pemkab Bogor harus membuat event-event olahraga air di situ, baik di Cibinong Situ Plaza atau situ-situ lainnya,”

“Saya melihat, olahraga juga bisa menjadi objek wisata dan ini juga sesuai tagline Kabupaten Bogor sebagau The City of Sport and Tourisme,” tutur Letkol (Inf) Gan Gan. ***

Pos terkait