Festival Ngael Undang, Baru Pertama Digelar Langsung Diikuti 155 Pemancing

Festival Ngael Undang
Wisata geologi Batu Nenek di Temajuk, Kabupaten Sambas ini merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. (Instagram/@andigps13)

TURISIAN.com  – Sebanyak 155 orang terlibat dalam Festival Ngael Undang yang berlangsung di Sungai Pasar, Desa Sungai Baru, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Minggu 20 November 2022.

Acara ini merupakan yang pertama digelarsebagai bentuk aksi nyata pemuda dalam menggali potensi desa yang memiliki sungai.

“Pergelaran Festival Ngael Undang atau mancing udang ini baru pertama kali digelar. Tepatnya di Pasar Desa Sungai Baru, yang merupakan lokasi strategis bagi pemancing undang untuk menyalurkan hobinya,” jelas Muhammad Zulhendra, Panitia Festival Ngael Undang, hari ini.

Menurutnya, pemilihan lokasi ini tentunya bertujuan untuk menjadikan Sungai Baru menjadi desa wisata bagi pemancing mania. Khususnya dari Kabupaten Sambas sendiri.

BACA JUGA: Manis Hingga yang Pedas, Ini 5 Jenis Bubur yang Khas di Indonesia

Ia menjelaskan bahwa festival mancing udang tersebut merupakan sarana memajukan potensi wisata yang ada.

Utamanya,  wisata mancing dan pemulihan ekonomi bagi warga sekitar serta meramaikan kembali Pasar Desa Sungai Baru.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 155 orang dari  beberapa kecamatan di Kabupaten Sambas,” jelasnya.

Peserta sebenarnya telah melebihi kapasitas yang telah disediakan oleh panitia yakni 150 orang. Namun, minat dan antusias peserta untuk mengikuti kegiatan ini ternyata cukup tinggi.

“Selaku panitia mengucapkan terima kasih untuk semua,” ucapnya.

BACA JUGA: Tiga Wisata Susur Sungai di Pulau Kalimantan yang Mesti Dicoba Sensasinya

Masyarakat Desa Sungai Baru

Sementara itu, Pj Kepala Desa Sungai Baru, Muslimin sangat mengapresiasi kegiatan festival yang merupakan langkah awal bagi pemuda dan masyarakat Desa Sungai Baru itu.

Event ini sangat tepat untuk mengenalkan potensi wisata mancing kepada pemancing. Terutama pemancing undang baik dari Sambas maupun dari kabupaten lainnya.

“Kegiatan positif ini terus dilaksanakan dan dikembangkan lagi. Mengingat kegiatan ini merupakan awal dari upaya pengembangan potensi yang ada. Mudah-mudahan semakin banyak lagi masyarakat yang terlibat,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo.

BACA JUGA: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sambas, dalam hal ini DPRD mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Festival Ngael Undang ini.

“Ini merupakan sejarah baru bagi masyarakat Sungai Baru dalam menggelar Festival Ngael Undang. Apalagi,  lokasinya yang sangat strategis untuk digelarnya kegiatan ini,” katanya.

“Acara seperti ini juga merupakan potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan menjadi tempat wisata bagi pemancing, terutama pemancing Undang,” sambungnya.

Menurut dia, pihaknya akan terus mendukung untuk menjadi agenda tahunan. Dan bahkan bukan hanya di tingkat kabupaten saja namun akan dikembangkan ke tingkat nasional. Agar orang luar ramai mengunjungi Desa Sungai Baru.

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga dapat mengenalkan Desa Sungai Baru melalui Wisata mancing undang,” pungkasnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait