Kupat Tahu Legendaris Pak Pangat Yang Perlu Dicoba!

Kupat Tahu
Kuliner Magelang Kupat Tahu Legendaris Pak Pangat. Foto: Ist

TURISIAN.com – Menyebut kupat tahu pasti tidak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Bangsa ini memang  memiliki banyak ragam budaya, kesenian.

Bahkan hingga kuliner dengan berbagai ciri khas yang dimiliki, termasuk kupat tahu tadi.

Nah, saat Sobat Turisian  berkunjung di daerah Magelang, Kupat tahu Pak Pangat ini merupakan salah satu kuliner yang harus dicoba ketika Anda berada di Magelang.

Bagi masyarakat di sekitar Magelang, tentunya sudah tidak asing dengan adanya magelangan. Atau biasa yang disebut dengan nasi goreng campur mie tersebut.

BACA JUGA: Menikmati Kuliner Muntilan yang Punya Cita Rasa Khas dan Unik

Tetapi bagi wisatawan pasti sedikit asing dengan makanan Pak Pangat ini.

Di Magelang sendiri, kedai Pak Pangat ini memiliki dua warung dan dua tempat yang berbeda.

Masing-masing berada di dekat SMP Negeri 7 dan satunya lagi berada tidak jauh dari SMU Negeri 4.

Berjualan Sejak 1985

Sebelum membuka kedainya, nama bapak Supangat ini telah berjualan sejak tahun 1985 silam dengan menggunakan gerobak dorong hingga tahun 1996.

Apabila Anda memutuskan untuk berkunjung di kedai Pak Pangat ini dan memesan kuliner khas  tersebut, Anda perlu untuk merasakan kuah bumbu yang tersedia di atas sajian piring.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Magelang Ini, Tak Sekedar Citra Rasa

Rasa manis dan segar tersebut akan langsung menyapa lidah. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sangat menyukai pedas, Anda juga dapat memesannya dari awal, agar kupat tahu tersebut memiliki rasa pedas.

Ciri Khas Dengan Irisan Kol Goreng

Meskipun memang terlihat tidak jauh berbeda dengan kupat tahu pada umumnya. Tetapi racikan bumbu dari warung kupat tahu Pak Pangat ini memiliki rasa kesegaran kuah.

Rasa yang akan membuat lidah Anda tidak akan berhenti untuk mencicipinya.

Rahasia kesegaran dari kuah tahu ini yaitu pada bumbu dasar dan bahan lainnya yang terdiri dari bawang putih, kacang tanah asam jawa, air gula merah dan kecap.

BACA JUGA: Sego Sambal, Kuliner di Kota Madiun dengan Suasana Pedesaan

Pak Pangat juga mengungkapkan tentang cara pengolahannya yaitu bawang putih dan kacang tanah yang sudah digoreng terlebih dahulu langsung diulek di atas piring.

Setelah itu, air gula merah tersebut dan kecap akan dituangkan ke bumbu ulekan.

Pada umumnya air gula tersebut hanya terdiri air putih yang dicampur dengan gula merah, tetapi pemilik kedai kupat tahu ini mengaku telah menambahkan bumbu rahasia yang menjadi ciri khasnya.

BACA JUGA: Taman Watu Resort, Spot Wisata Kuliner dengan Pesona Alam yang Memukau

Setelah Anda mencicipi kuah kupat tahu dari Pak Pangat ini, saatnya untuk mengaduk bumbu yang berada di bagian bawah ketupat. Agar bahan dan bumbu tersebut bercampur menjadi satu.

Selain potongan dari kupat tahu putih yang sudah digoreng, ada juga taoge rebus, bakwan dan kol yang menjadi salah satu keistimewaannya.

Jangan lupa untuk mampir di kuliner dekat Borobudur ini untuk menikmati kelezatannya. ***

Pos terkait