Menikmati Kuliner Muntilan yang Punya Cita Rasa Khas dan Unik

Kuliner Muntilan
Blendrang, kuliner kahas Muntilan berbentuk bubur nasi dengan kuah kental, mirip layaknya krim sup yang diberi isian daging ayam atau sapi. Foto: Ist

TURISIAN.com – Kuliner Muntilan. Menyebut kata ini, pasti kalian akan membayangkan sebuah jajanan atau makanan yang lezat.

Memang kuliner menjadi salah satu daya tari bagi Muntilan yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini.

Itu sebabnya, berkunjung ke kota ini, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner Muntilan.

Daerah yang letaknya berjarak 45 dari Yogyakarta ini menawarkan kuliner khas bercitra rasa  gurih dan manis.

Bahkan, beberapa kuliner yang Anda temukan di Muntilan belum tentu bisa didapatkan di daerah lain.

BACA JUGA: PUPR Gelontorkan 2 Triliun Lebih untuk Pengembangan Wisata Borobudur

Lantas, apa saja rekomendasi kuliner khas Muntilan yang wajib dicoba saat bertandang ke daerah ini?

Berikut 4 kuliner rekomendasi yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke Muntilan:

1.Kluban

Kluban merupakan kuliner khas Muntilan yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, tauge, wortel, kangkung dan kol yang direbus.

Menariknya campuran sayuran ini kemudian diberi parutan kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu.

Untuk penyajiannya sendiri biasanya dilengkapi dengan berbagai tambahan lauk. Misalnya, telur, ikan asin, tahu goreng atau tempe goreng yang cocok disantap dengan sepiring nasi panas.

Adapun, kuliner ini mungkin oleh sebagian orang di luar Muntilan akan disebut dengan sebutan urap.

2.Blendrang

Kuliner Muntilan yang tak kalah uniknya yakni blendrang. Makanan khas Magelang yang juga populer di Muntilan ini akan banyak ditemui di daerah gunung pring.

Blendrang sendiri disajikan dalam bentuk bubur nasi dengan kuah kental, mirip layaknya krim sup yang diberi isian daging seperti ayam, sapi atau bahkan iga sapi. Anda pun pasti akan terkejut dengan sensasi rasa yang muncul dari kuliner yang satu ini.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Magelang Ini, Tak Sekedar Citra Rasa

Cenderung Bercita Rasa Gurih

3.Jemunak

Jika dua rekomendasi kuliner sebelumnya cenderung bercita rasa gurih, yang satu ini memiliki rasa manis yang dominan. Nama makanan ini adalah jemunak dan cocok dijadikan sebagai pencuci mulut.

Biasanya, jemunak banyak ditemui di kala Ramadhan. Keberadaannya pun terbilang cukup langka. Namun, Anda masih bisa menemui makanan inj saat berkunjung di Muntilan mesti tidak di bulan Ramadhan.

Jemunak sendiri mirip seperti bubur sumsum. Namun, menggunakan bahan utama yang berbeda yaitu singkong, beras ketan, gula merah, dan kelapa.

Keempat bahan tersebut pun akan menciptakan rasa manis yang lezat dengan tekstur legit saat dimasukkan di mulut.

BACA JUGA: Daftar Promo Kuliner Oktober 2022, Ada Diskon Sampai 50 Persen Lho

4.Tape Ketan

Mungkin kuliner ini banyak ditemui di daerah lain. Namun, tape ketan dari Muntilan punya rasa yang unik dan berbeda dari lainnya.

Saat mencicipi tape ketan Muntilan, Anda akan merasakan tekstur lembut yang berpadu dengan rasa manis, hasil fermentasi dari ketan.

Anda pun bisa menjadikan makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat terdekat. Adapun, untuk menikmatinya sangat cocok bila disajikan sebagai topping dari es campur,  es teler atau langsung dinikmati sendiri tanpa dicampurkan dengan lainnya.

Nah, itulah rekomendasi kuliner khas Magelang yang wajib dicoba saat berkunjung ke daerah ini. Tak hanya punya kudapan gurih, makanan manisnya  pun terbilang lezat.

Bahkan sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk para kerabat dekat Anda. ***

 

Pos terkait