Berkunjung ke Desa Wisata Bobung, Sentra Perajin Topeng Kayu Batik

Desa Wisata Bobung
Topeng Kayu Batik Hasil Desa Wisata Bobung, Gunungkidul, DIY. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Piknik ke Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sobat Turisian harus masukkan Desa Wisata Bobung sebagai alternatif tujuan selain deretan objek pantai yang indah. Desa ini terkenal sebagai sentra perajin topeng kayu batik dan kerajinan kayu lainnya.

Desa wisata ini secara administratif merupakan dusun yang berada di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Peresmian desa wisata sendiri pada tahun 2001 menjadi desa kerajinan topeng batik kayu oleh Pemkab Gunungkidul.

Keberadaan sentra pembuatan topeng kayu ini berawal dari kebiasaan masyarakat sekitar dengan menggelar pentas seni tari topeng setiap musim panen tiba. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME, yaitu Tarian Topeng Pandji.

Konon yang memulai tradisi tersebut yaitu Sunan Kalijaga sebagai media penyebaran dakwah Islam. Hingga saat ini Tarian Topeng Pandji masih sering berlangsung pementasannya sebagai daya tarik wisata di desa ini.

Dari situlah ide pembuatan topeng kayu batik muncul dari seorang penari bernama Sajiman. Awalnya topeng kayu hanya ia produksi untuk keperluan pentas tari saja. Kemudian merambah sebagai hiasan rumah dan hingga kini ada sekitar 800 pengrajin topeng kayu batik di desa tersebut.

Baca juga: Rasakan Sensasi Keseruan Cave Tubing Kalisuci di Gunungkidul!

Bentuk topeng hasil produksi Desa Wisata Bobung ini memiliki kekhasan tersendiri. Yaitu mirip tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dan hidung lancip. Tidak lupa juga dengan ukiran dan pewarnaan topeng kayu yang menambah keindahan topengnya.

Kerajinan Lain & Fasilitas Desa Wisata Bobung

Kerajinan batik kayu desa wisata di Yogyakarta ini berkembang tidak hanya berbentuk topeng. Berbagai bentuk lainnya pun ada di sini. Di antaranya nampan, gantungan kunci, wayang, dan bentuk-bentuk lainnya.

Berkat statusnya sebagai desa wisata, workshop-workshop pembuatan batik kayu bermunculan dan terbuka untuk umum. Sobat Turisian saat berkunjung ke Desa Wisata Bobung pun tak hanya bisa membeli topengnya. Namun bisa melihat bagaimana pembuatan kerajinan batik kayu, produksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Fasilitas pendukungnya pun sudah memadai, di antaranya sarana workshop, parkir yang memadai, dan kamar mandi umum. Sobat Turisian juga bisa mengunjungi galeri atau ruang pameran untuk melihat berbagai karya seni batik kayu dari para pengrajin. Tersedia pula layanan home visit bagi Sobat Turisian yang ingin langsung belajar membuat kerajinan batik kayu.

Lokasi & Akses ke Desa Wisata Bobung

Objek wisata yang satu ini berlokasi di Desa Putat, Patuk, Gunung kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang berdekatan dengan jalan Jogja-Wonosari memudahkan akses wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata ini.

Baca juga: Rekreasi ke Pantai Drini Gunungkidul yang Bikin Happy

Sobat Turisian bisa mengakses ke Desa Wisata Bobung dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.*

 

Pos terkait