Tiga Event Batik di Jawa Tengah Ramaikan Peringatan Hari Batik 2022

Event Batik Jawa Tengah
Festival Batik Bakaran 2022

TURISIAN.com – Sedikitnya ada tiga event batik di Jawa Tengah dalam rangka meramaikan peringatan Hari Batik 2022. Acara peringatan tahun ini pun akan semakin semarak dan lebih seru sebab berlangsung di hari libur, tepatnya Minggu, 2 Oktober 2022.

Sobat Turisian bisa menghadiri event-event tersebut untuk turut merayakan Hari Batik sambil jalan-jalan bersama keluarga. Adapun tiga event batik di Jawa Tengah itu bertempat di tiga wilayah, yaitu Kabupaten Blora, Kota Surakarta, dan Kabupaten Pati.

1. Blora Fashion Week

Event batik di Kabupaten Blora ini bertajuk “Blora Fashion Week”. Acaranya akan berlangsung mulai dari tanggal 30 September 2022 hingga 2 Oktober 2022. Bertempat di sepanjang Jalan Pemuda, Blora, mulai pukul 07.00 WIB.

Hari pertama penyelenggaraan akan menampilkan fashion show dari karya-karya desainer fesyen. Seperti Nenni Rahmadiyanti, Melati Soedjarwo, dan Lanny Amborowati. Selain itu, juga ada kemeriahan dari fashion show ibu-ibu Forkopimda beserta suami.

Keesokan harinya, event batik di Jawa Tengah ini menampilkan fashion show dari Istri Kepala Dinas Kabupaten dan Kecamatan Blora beserta suami. Tambah lagi Lomba Fashion Show dengan tema “Batik on The Street”, dengan kategori anak, remaja, dan dewasa.

Baca juga: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Gelaran hari terakhir, Blora Fashion Week akan mulai dari pukul 06.00 WIB. Dengan rangkaian acara senam, jalan sehat, hiburan, fashion show oleh SMK Tata Busana, dan Lomba Fashion Show OPD serta Kecamatan se-Kabupaten Blora.

2. Berkebaya Bersama Ibu Negara, Surakarta

Dalam peringatan Hari Batik 2022, Kota Surakarta tak ketinggalan dengan menggelar event “Berkebaya bersama Ibu Negara”. Event batik Jawa Tengah yang satu ini akan berlangsung pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Acara mulai pukul 13.30 WIB – 18.00 WIB di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Dengan rute berawal dari depan Loji Gandrung sampai Ndalem Wuryoningratan/House of Danar Hadi. Selain parade kebaya, pengunjung juga bisa menyaksikan tarian batik dan bazaar UMKM.

Selain memperingati Hari Batik, event ini juga dalam rangka mendukung Kebaya Goes to UNESCO. Serta penetapan Hari Kebaya Nasional. Wah Sobat Turisian wajib kasih dukungan nih!

3. Festival Batik Bakaran 2022, Pati

Event batik Jawa Tengah berikutnya bertajuk “Festival Batik Bakaran 2022”. Acara ini akan mengangkat  Batik Bakaran khas Pati yang sudah ada sejak abad 14. Tempatnya di Desa Wisata Bakaran Wetan, Kabupaten Pati.

Baca juga: Memanjakan Mata dengan Pesona Alam di Bukit Pandang Kayen Pati

Festival Batik Bakaran 2022 akan mulai dari tanggal 2 – 30 Oktober 2022. Ada beragam rangkaian acara akan memeriahkan event ini. Di antaranya Festival Membatik, Fashion Show, Pemilihan Duta Batik Bakaran, Festival Kesenian Tradisional, dan Kirab Budaya.*

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait