Kejuaraan Reli Danau Toba 2022, Tak Sekedar Balap Mobil tapi Juga Healing

Kejuaraan Reli Danau Toba
Penonton sedang menyaksikan para pereli pada Kejuaraan Reli Danau Toba 2022 di Parapat, Sumatera Utara, Jumat 23 September 2022. (Instagram/@danautobarally's profile picture danautobarally)

TURISIAN.com – Kejuaraan Reli Danau Toba 2022 di Parapat, Sumatera Utara mampu menarik banyak penonton.

Kawasan wisata di danau Toba ini pun menjadi riuh oleh kedatangan wisatawan dari berbagai daerah.

Selain ingin menyaksikan kehebatan para pereli yang berlaga mulai 24-25 September, pengunjung juga sekaligus menikmati keindahan Danau Toba.

Event yang menjadi bagian The FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC) ini memang  menjadi ajang pembuktian bagi pereli Indonesia yang sudah merindukan ajang internasional.

Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia penyelenggara di Parapat, Jumat 23 September 2022, sederet pereli bakal turun mulai dari Sean Gelael dan sang ayah Ricardo Gelael dengan Citroen C3 Rally.

BACA JUGA: Keindahan Danau Toba Mampu Membuat Bos AirAsia Ini Berseru,Wow

Sedangkan, Rifat Sungkar dengan Expander AP4, Musa Rajekshah dengan Skoda Fabia dan Ryan Nirwan dengan Toyota GR Yaris.

Sean Gelael yang menggunakan nomor start 1, sebelumnya mencatatkan shakedown tercepat dengan 1:19,0.

Disusul kemudian oleh Rachmat/Hade Mboi (Nissan Micra Proto) 1:23,8 dan Rifat Sungkar/Benjamin Richard (Mitsubishi Expander) 1:24,2.

Melihat hasil shakedown dan kondisi lintasan, persaingan pastinya bakal berlangsung ketat.

BACA JUGA: Desa Wisata Huta Tinggi Suguhkan Pesona Alam dan Budaya di Tengah Danau Toba

Apalagi hujan sering mengguyur lokasi balapan yang dulunya pernah untuk Kejuaraan Dunia WRC itu. Sean Gelael sendiri mengaku senang dengan trek basah.

“Saya rasa kami semua siap berlomba secara fair karena balapan tahun ini kembali berstatus internasional,” katanya seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews hari ini.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak tanpa terkecuali yang telah mewujudkan terselenggaranya event ini. Ramainya pabrikan yang ikut menandai kembali bergairahnya motorsport di Tanah Air lewat Reli Danau Toba ini,” sambungnya.

Pembalap Portugal

Begitu juga dengan pendapat co-driver Sean Gelael, Hugo Magalhaes.

BACA JUGA: 4 Kuliner Khas Danau Toba dengan Cita Rasa Otentik yang Wajib Dicoba

Pria asal Portugal yang juga mengawal saat turun di Kejurnas 2021 ini menilai tandemnya mengalami banyak perubahan dan lebih siap.

“Sean sangat membaik performanya dan dia kini sangat percaya diri serta lebih nyaman dengan pace notes,” kata Hugo Magalhaes.

Sementara itu, pereli nasional Rifat Sungkar mengaku sudah siap untuk bersaing untuk menjadi yang terbaik mengingat pada balapan di tempat yang sama sebelumnya kurang memuaskan.

BACA JUGA: Melihat dari Dekat Candi Portibi di Tapanuli Selatan yang Tampil Indah

“Terima kasih, APRC sudah datang kembali. Untuk persaingan saya melihat memiliki kesempatan yang sama,” kata suami dari Sissy Priscillia itu.

Leg 1 Reli Danau Toba digelar Sabtu (24/9) dengan 8 SS. Sean Gelael dan co-driver Hugo Magalhaes akan menjadi pasangan pertama yang melakukan start pada pukul 06.42 di Negeri Dolok.

Sementara Ricardo dan Rony Maroun menjadi peserta keenam. Total ada delapan pebalap di ajang APRC dan 57 di Kejuaraan Nasional Reli Indonesia.

Leg 2: Minggu, 25 September

SS 9: Negeri Dolok Reverse (7,94 km)

10: Huta Tonga Reverse (16,42 km)

11: Gorbus Reverse (20,36 km)

12: Aek Nauli Reverse (7,67 km)

Pos terkait