Situs Gembirowati, Tempat Peristirahatan Para Raja Mataram Islam

Situs Gembirowati
Situs Gembirowati Yogyakarta. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Bicara soal wisata Gunungkidul tak hanya deretan pantai yang memesona di selatan Yogyakarta. Namun juga banyak situ-situ peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi, seperti Situs Gembirowati.

Situ Gembirowati ini merupakan sebuah pesanggrahan atau tempat peristirahatan yang berdiri pada masa Mataram Islam. Letaknya berada di Desa Girijati, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pesanggrahan cukup megah ini menjadi salah satu tempat istirahat para Raja Mataram Islam. Salah satunya Sultan Hamengkubuwono II yang memerintah selama tiga periode, pada kurun waktu 1792-1828 Masehi.

Pembangunan fisik oleh Sultan Hamengkubuwono II, hampir semuanya berada di luar kraton berupa pesanggrahan. Rujukan atas keberadaan tempat ini adalah Serat Rerenggan Kraton. Sumber itu menyebutkan pesanggrahan hasil seni bangun karya Sultan Hamengkubuwono II berjumlah 13 buah.

Bersumber dari laman kebudayaan.kemdikbud, di dalam Oudheidkundige Verslag (OV) 1925, FDK Bosch dalam tulisannya mengenai peninggalan-peninggalan di sekitar Kali Opak menyinggung adanya Situs Gembirowati.

Baca juga: Tiga Pantai di Gunungkidul Yogyakarta dengan Aktivitas Watersport Seru

Bosch berpendapat bila melihat gaya arsitektur bangunan melalui bentuk pilar dan hiasan, perkiraan pembangunan peninggalan situs ini pada pertengahan abad ke-16. Situs Gembirowati berdiri di atas tanah kasultanan (Sultan Ground) dengan luas kurang lebih 11.930 m².

Berada pada wilayah perbukitan kapur dengan ketinggian 126,50-130 meter di atas permukaan laut. Keadaan di sekitar Situs Gembirowati Yogyakarta, telah penduduk manfaatkan untuk menanam padi-padian. Lalu berladang dengan bermacam-macam tanaman seperti ubi kayu dan pisang.

Di sekitar peninggalan Mataram Islam ini pun, Sobat Turisian masih bisa melihat pula pohon-pohon yang tua umurnya. Di antaranya randu alas, gayam, klepu, pule, dan ancar yang tingginya rata-rata 15 sampai 25 meter.

Lokasi Situs Gembirowati Yogyakarta

Lokasi cagar budaya ini tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Situs Gembirowati berbentuk dua buah dinding yang memanjang dengan arah barat – timur. Tampak sisa bangunan teras pertama yang berada di bawah berukuran panjang 22,70 m, lebar 0,5 m, dan tinggi 1,04 m.

Sementara sisa bangunan kedua yang terletak di atas teras pertama berukuran panjang 16,82 m, lebar 0,5 m, dan tinggi 1,20 m. Kedua teras yang terpisah pada jarak 2,10 m terhubung oleh tangga.

Baca juga: Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Selanjutnya pada bagian dinding, Sobat Turisian bisa melihat panel-panel dengan hiasan geometris dan karang laut. Unsur-unsur hiasan pada Situs Gembirowati ini mempunyai kemiripan dengan unsur hiasan pada bangunan-bangunan masa klasik dan masa Islam.*

Pos terkait