Jakarta Fashion Tampilkan Berbagai Produk Kreatif dan Gerai Kuliner

Jakarta Fashion
Peragawati sedang berjalan di atas catwalk dalam peragaan busana di event Jakarta Fashion and Food Festival 2022. Foto: Dok Kemenparekraf

TURISIAN.com – Jakarta pekan ini sedang banyak menggelar event, salah satunya adalah Jakarta Fashion and Food Festival (JF3).

Berlangsung di Mal Kelapa Gading sejak Kamis hingga Jumat 1 September 2022, JF3 banyak menampilkan produk-produk fesyen yang cukup kreatif.

Event ini pun menjadi momentum kebangkitan subsector fesyen dan kuliner Jakarta setelah sempat terterpa pandemi.

Dalam pembukaan JF3 itu  Menparekraf Sandiaga Uni menyampaikan harapannya kegiatan tersebut bisa  memberikan multiplier effect.

Khususnya, untuk  dapat menggeliatkan sektor ekonomi kreatif terutama di subsektor fesyen dan kuliner.

BACA JUGA: Jajan Kuliner Tradisional dan Jadul di Pasar Mbrumbung Rembang

“Kita harap ini (JF3) bisa menjadi momentum bagi kebangkitan fesyen dan kuliner nusantara,” kata Sandiaga.

Pengembangan ini, kata Sandiaga, sangatlah penting. Karena, sektor ekonomi kreatif di Indonesia berhasil menyumbangkan lebih dari Rp1.300 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Dari sumbangan lebih dari Rp1.300 triliun terhadap PDB nasional, 75 persennya dihasilkan dari tiga subsektor utama yaitu kriya, fesyen, dan kuliner dan di JF3 ketiganya hadir,” katanya.

BACA JUGA: Tak Mudah Bagi Pelaku Ekraf Tembus Kurasi AKI, Ini Pesan Sandiaga Uno

Rangkaian Acara Kharisma Event Nusantara

Terlebih JF3 juga masuk ke dalam rangkaian acara Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Sekaligus, promosinya sepaket dengan event lain dari berbagai provinsi secara rutin tahunan.

Sehingga, ia menilai JF3 memegang peranan yang sangat vital dalam upaya pengembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

“Pengembangan ketiga subsektor ini akan sangat vital. Karena tahun lalu Indonesia mampu menembus angka ekspor sebesar 25 miliar dolar AS. Dan produk yang paling tinggi ekspornya adalah fesyen,” katanya.

BACA JUGA: Yuk Rekreasi Sambil Mengenal Sejarah di Museum Kota Bandung!

Menparekraf Sandiaga berharap JF3 bisa berperan penting dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi warga DKI Jakarta.

“Saya harap JF3 berjalan lancar dan sukses dalam target kita untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” kata Sandiaga.

Event Jakarta Fashion ini dilaksanakan pada 1 September hingga 9 Oktober 2022 dengan menghadirkan berbagai karya pelaku fesyen, kriya, serta berbagai gerai pelaku kuliner.

Dalam pembukaan ini, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani. ***

Pos terkait