Menelusuri Jejak Mataram Kuno Hingga Majapahit di Candi Jedong Mojokerto

Candi Jedong Mojokerto
Candi Jedong Mojokerto. (Source: Disparpora Mojokerto)

TURISIAN.com – Candi Jedong Mojokerto merupakan situs budaya yang menarik untuk Sobat Turisian datangi dan telusuri jejak sejarahnya. Sebab situs ini disebut-sebut menyimpan perjalanan sejarah dari masa Kerajaan Mataram Kuno hingga masa Kerajaan Majapahit. Buktinya terdapat prasasti tiga zaman di dalam candi ini.

Mengutip dari laman kebudayaan.kemdikbud, dari latar sejarahnya, di Candi Jedong ini ada penemuan 12 prasasti oleh para sarjana epigrafi prasasti, yang kemudian diberi nama Prasasti Jedog I – IX.

Kedua belas prasasti ini memuat data pertanggalan dari abad XV. Berarti situs Jedong sudah ada sejak masa pemerintahan Belitung (Mataram Kuno) sampai dengan Girisawardhana (Majapahit).

Lokasi Candi Jedong atau dikenal juga dengan nama Gapura Jedong terletak di Desa Wotanmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Dari pusat kota Mojokerto berjarak sekitar 30 km ke arah timur dan 2 km sebelah selatan kawasan industri Ngoro.

Terletak di lereng utara Bukit Gajah Mungkur. Gunung ini merupakan salah satu puncak dari Gunung Penanggungan yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Pesona Eksotik Candi Brahu Mojokerto yang Memukau

Bangunannya berada di tengah permukiman dengan batas-batas lingkungan sebelah utara berbatasan dengan pekarangan dan permukiman. Lalu sebelah selatan dan barat dengan perladangan. Serta sebelah timur berbatasan jalan desa.

Wujud bangunan Candi Jedong relatif utuh, di bagian atas ambang pintu terdapat hiasan kala. Kemudian pada sisi kiri dan kanan bangunan, Sobat Turisian bisa melihat bagian menyambung pada suatu bekas pagar atau benteng.

Menurut perkiraan, situs budaya ini sudah berdiri sejak abad ke 14. Hal yang menarik dari candi ini yakni keberadaan dua bangunan tua berbentuk gapura paduraksa. Kedua bangunan inilah yang terkenal dengan sebutan Candi Jedong.

Lokasi & Jam Operasional Candi Jedong

Bagi Sobat Turisian yang tertarik berkunjung ke Candi Jedong bisa langsung meluncur ke alamatnya di Jalan Candi Jedong, Jenong Kulon, Wotanmasjedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61385.

Baca juga: Selain Wisata Sejarah, Mojokerto Punya 4 Destinasi Menarik Berlatarkan Pegunungan

Objek wisata budaya dan sejarah ini, buka setiap hari selama 24 jam. Untuk masuk ke sini, Sobat Turisian mesti membayar biaya tiket masuk yang sangat terjangkau.

 

Pos terkait