Desa Wisata Kembangarum Yogyakarta Ajak Wisatawan Edukasi Lingkungan

Desa Wisata Kembangarum
Desa Wisata Kembangarum Yogyakarta. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ingin berlibur ke Yogyakarta bersama keluarga, bisa coba ke Desa Wisata Kembangarum. Letaknya berada di Dusun Kembangarum, Desa Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman. Berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Jogja.

Sesuai dengan slogannya, “Anda Datang Senang, Pulang Tambah Pintar”, desa wisata ini mengajak Sobat Turisian berwisata edukasi lingkungan. Di sini kalian bisa belajar tentang perkebunan, sawah, hingga atraksi budaya.

Saat sampai di tempat wisata ini, Sobat Turisian akan disambut dengan hamparan perkebunan salak dengan pohonnya rapi berderet di sepanjang jalan desa. Tampak pagar-pagar batu yang tersusun sedemikian rupa menambah kesan sederhana perdesaan yang tenang dan nyaman bikin betah.

Suasana Desa Wisata Kembangarum Yogyakarta ini sangat ramah untuk segala usia. Selain cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Bisa juga jadi pilihan tempat untuk menggelar acara sekolah, kampus, atau perkantoran.

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Kembangarum

Ada beragam paket wisata edukasi di Desa Wisata Kembangarum yang bisa Sobat Turisian nikmati. Terutama bagi anak-anak dan keluarga. Ketika musim tanam tiba, kalian bisa turun langsung ke sawah untuk belajar teknik menanam padi yang baik, mulai dari menanam hingga membajak sawah. Dapat juga memilih kegiatan menangkap ikan dan memasak hasil tangkapannya.

Baca juga: Desa Wisata Kali Opak Tujuh Bulan Sleman, Wisata Kekinian dengan Spot Foto Instagrammable

Buat Sobat Turisian yang ingin aktivitas yang sedikit memacu adrenalin bisa pilih paket wisata outbond dan susur sungai. Tapi tak usah kahawatir, karena tingkat kesulitannya bisa menyesuaikan usia.

Salah satu kegiatan yang tak kalah menarik dan menjadi unggulan desa ini, yakni kursus melukis. Di tempat ini tersedia sanggar lukis yang sudah tidak meragukan lagi kualitasnya. Terbukti dengan lulusannya yang sering menjuarai event melukis bahkan tingkat internasional.

Fasilitas di Desa Wisata Kembangarum Sleman

Terdapat pula Pendopo Dewi Kembar yang punya halaman cukup luas dan biasa digunakan untuk menggelar aneka permainan tradisional. Seperti gobak sodor, dakon, engklek, eggrang, dan lainnya yang kini mulai hilang tergerus zaman.

Fasilitas penunjang yang tersedia di Desa Wisata Kembangarum sudah sangat lengkap. Mulai dari penginapan, masjid, kamar mandi, rumah makan, art-shop, hingga jasa pijat yang unik karena dilakukan di tepi sungai. Tersedia juga joglo sarasehan dan panggung pentas untuk menunjang kegiatan pengunjung.

Baca juga: Cari Tempat Buat Ngadem di Yogyakarta? Datang Saja ke Kaliadem Sleman!

Kalau Sobat Turisian tertarik berkunjung ke desa wisata ini, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Agar pengelola dapat menyiapkan segala hal yang kalian butuhkan.*

Pos terkait