Pesona Air Terjun Ai Beling Sumbawa yang Bikin Enggan Berpaling

Air Terjun Ai Beling
Air Terjun Ai Beling yang menakjubkan di Kab. Sumbawa, NTB. (iStock)

TURISIAN.com – Nusa Tenggara Barat (NTB) menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya Air Terjun Ai Beling di Kabupaten Sumbawa. Jamin deh begitu melihat objek air terjun ini dari dekat, Sobat Turisian pasti enggan untuk berpaling.

Lokasi Air Terjun Ai Beling terletak di Dusun Kuang Amo, Desa Sempe, Brang Rea, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, NTB. Berjarak sekitar 30 km dari kota Sumbawa Besar atau 6 km dari Desa Brang Rea.

Kalau Sobat Turisian berkendara menggunakan sepeda motor dari Kota Sumbawa Besar atau Bandara Sumbawa akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Rutenya melalui jalan raya yang menuju selatan Semamung dan selanjutnya ke Brang Rea.

Untuk jalan masuk ke Air Terjun Ai Beling sepanjang 6 kilometer. Meskipun jalannya menanjak tajam, tetapi Sobat Turisian tidak perlu khawatir karena jalanan sudah teraspal cukup baik.

Selain itu, pemandangan indah di sepanjang perjalanan siap menghipnotis mata Sobat Turisian. Tambah lagi udara sejuk yang menyelimuti desa, sebab letaknya berada di daerah perbukitan. Hal tersebut membuat perjalanan kalian menyenangkan.

Baca juga: Mengenal Maen Jaran, Tradisi Pacuan Kuda Masyarakat Sumbawa

Setibanya di lokasi air terjun, Sobat Turisian akan dibuat takjub dengan ciptaan Tuhan yang begitu indah.  Keindahan air terjun ini membuat mata tak ingin cepat menoleh karena pemandangannya yang begitu mempesona. Inilah yang akan membuat Sobat Turisian malas berpaling dari tempat ini.

Kebanyakan air terjun di Sumbawa terletak di tebing yang terjal dengan aliran air yang tegak. Namun berbeda sekali dengan Ai Beling yang berada di dataran tanah miring. Aliran airnya mengalir melalui celah batuan, membuat semua orang betah berada di air terjun yang satu ini.

Asal-usul Penamaan Air Terjun Ai Beling 

Nama “Ai Beling” sendiri berarti “air yang berbicara”. Nama ini muncul pertama kali dari cerita putri Raja Sumbawa pada zaman dahulu yang kabur dari rumahnya. Karena sang raja akan menjodohkannya dengan laki-laki yang tidak ia cintai.

Kemudian sang putri lari ke sebuah sungai dekat istana. Dia menangis dalam waktu yang lama di sungai tersebut dan memutuskan untuk bunuh diri di air terjun ini. Pada akhirnya putri ini mati setelah melompat ke aliran air.

Konon, sauatu hari ketika beberapa orang menggunakan air sungai tersebut untuk mandi dan mencuci, mereka seperti mendengar suara perempuan menangis. Suaranya sangat jernih dan kejadian yang sama pun terulang hingga berkali-kali. Karena sering mendengar suara-suara itu, makanya warga setempat memberinya nama Ai Beling yang artinya air yang berbicara.

Baca juga: Pulau Moyo Sumbawa, Destinasi “Great Escape” Selebritas Dunia Seperti Lady Diana

Versi lainnya menyebutkan, bahwa nama tersebut berasal dari suara air yang mengalir dapat terdengar hingga desa terdekat yang berjarak sekitar 5 kilometer. Seolah-olah air terjunnya berbicara karena mengeluarkan suara tadi. Itulah mengapa masyarakat setempat menamainya dengan Ai Beling. Cukup menarik kan asal-usul penamaannya, Sob!

Di luar cerita tentang penamaan tersebut, Air Terjun Ai Beling Sumbawa wajib Sobat Turisian pecinta travelling kunjungi. Sebab pesonanya memang sangat indah dan menakjubkan.*

 

 

Sumber: Dispopar Kab. Sumbawa

Pos terkait