Santai Sejenak Menikmati Keindahan Panorama dari Atas Bukit Cokiak Kuansing

Bukit Cokiak Kuansing
Bukit Cokiak Kuansing Riau. (Source: Pemkab Kuansing)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang berencana liburan ke Riau, tak ada salahnya memasukan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sebagai salah satu list kunjungan. Sebab di kabupaten ini banyak objek wisata yang asyik buat Sobat Turisian kunjungi, salah satunya Bukit Cokiak.

Destinasi wisata ini merupakan sebuah bukit sebagai rest area yang terletak di Kelurahan Muara Lembu. Berada di pinggir jalan antara Teluk Kuantan dan Muara Lembu ibu kota Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

Saat berada di atas Bukit Cokiak, Sobat Turisian bisa menikmati suasana yang asri dan panorama alam yang memesona. Tampak juga bentangan alam yang hijau dan Bukit Barisan yang memukau. Bahkan jika hari sedang cerah, kalian dapat melihat barisan pegunungan yang ada di Sumatera Barat.

Setibanya di puncak Bukit Cokiak, Sobat Turisian akan mendapati gerbang yang menandakan jalan masuk ke kawasan wisata panoroma Bukit Cokiak. Letaknya sebelah kiri dari arah Teluk Kuantan menuju Kota Pekanbaru.

Baca juga: Masjid Agung An Nur Pekanbaru Berdiri Megah Mirip Taj Mahal India

Di objek wisata ini ada sekitar dua buah pondok tempat istirahat dan juga selasar untuk tempat duduk bagi mereka yang ingin istirahat. Sobat Turisian juga bisa menjadikan titik ini sebagai spot foto yang eksotik dengan latar pemandangan alam. Jamin deh hasilnya akan cantik dan instagenic.

Lokasi  Bukit Cokiak di Kabupaten Kuansing ini kurang lebih 120 kilometer dari Kota Pekanbaru menuju kota Teluk Kuantan. Kemudian dari kota Teluk Kuantan berjarak sekitar 35 kilometer.

Untuk menuju ke salah satu destinasi wisata Riau ini, Sobat Turisian harus menggunakan kendaraan yang cukup prima. Karena kondisi jalannya cukup mendaki dan berkelok-kelok.

Baca juga: Mengenal Candi Muara Takus, Tertua di Tanah Sumatera

Sebelum mencapai lokasi panorama Bukit Cokiak ini, Sobat Turisian harus mendaki dengan melalui sejumlah kelokan, seperti Kelok Sembilan walaupun lebih rendah. Selama melewati belokan yang ada, Sobat Turisian juga bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang asri nan hijau. Hingga perjalanan pun tak terasa memberatkan.*

 

Pos terkait