Banto Royo, Wisata Air di Agam dengan Alamnya yang Memanjakan Mata

Banto Royo Agam
Banto Royo di Kabupaten Agam, Sumbar. (Source: Disparpora Agam)

TURISIAN.com – Kabupaten Agam di Sumatera Barat menarik juga buat tujuan liburan Sobat Turisian nanti. Pasalnya di daerah ini banyak terdapat objek wisata alam yang memesona, budaya asli, religi, hingga wisata buatan. Nah salah satu yang mesti Sobat Turisian kunjungi di Agam, yaitu destinasi wisata Banto Royo.

Destinasi wisata yang satu ini resmi buka untuk umum sejak tanggal 28 Oktober 2018. Peresmiannya oleh Andi Sahrandi, seorang tokoh nasional asal Kapau. Lokasinya berada di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Banto Royo merupakan wisata rekreasi air yang menawarkan sajian pemandangan danau dengan alam sekitar yang indah dan memanjakan mata. Selain pesona alam, Sobat Turisian juga bisa menjajal beragam wahana bermain di tempat ini. Seperti Flying Fox dengan luas area 185 meter, perahu air, lapangan lumpur, seluncuran air, dan kolam air.

Selain wahana permainan, tempat wisata Agam ini juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai. Di antaranya musala untuk beribadah dan restoran untuk tempat menyantap makan siang bagi pengunjung.

Baca juga: Danau Tarusan Kamang Kabupaten Agam Miliki Fenomena Alam yang Unik

Kerennya lagi, sebanyak 30 persen dari hasil penjualan tiket objek wisata ini, pengelola sumbangkan ke masjid setempat. Jadi Sobat Turisian datang ke sini, bukan hanya semata-mata rekreasi, tapi juga turut beramal.

Objek wisata Banto Royo mempunyai luas area yang mencapai 6,5 hektare dan 80% areanya merupakan perairan. Tempat ini memadukan wilayah perairan dan daratan, sehingga suasananya tampak asri dan juga sejuk bagi para pengunjung.

Lokasi & Rute Banto Royo Agam

Lokasi objek wisata ini berada tak jauh dari jalan raya, sehingga Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan mobil maupun motor untuk berkunjung ke tempat ini. Saat menuju Banto Royo jika Sobat Turisian bergerak dari Bukittinggi, hanya memerlukan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Rutenya, Sobat Turisian harus mengarahkan kendaraannya menuju Gaduik, kemudian menuju Jl. Raya Padang Medan. Dari Simpang Gaduik arahkan kendaraan untuk menuju Kamang, dari sana kalian tinggal menyusuri jalan yang ada.

Baca juga: Wisata Religi ke Masjid Raya Bingkudu Kabupaten Agam yang Dibangun 1823

Destinasi Banto Royo ini berada tak jauh dengan objek wisata lainnya. Seperti Lawang Adventure Park, Bukik Sakura, dan Taman Tirtasari.*

 

Pos terkait