Indahnya Jembatan Senggol Spot Instagramable Dusun Semilir

Jembatan Senggol
Bangunan Stupa di kawasan omjek wisata ecopark Jembatan Senggol, Dusun Semilir, Semarang. (Instagram/@fennyadiany's profile picture fennyadiany)

TURISIAN.com – Jembatan Senggol. Pastilah, kalian akan pensaran dengan nama ini. Bagi yang akan melakukan perjalanan wisata maupun perjalanan dinas ke arah Semarang.

Atau yang mau liburan ke Salatiga kamu akan di buat kepo dengan kawasan wisata yang lagi hits di Jawa Tengah ini, lho?

Ya, Jembatan Senggol, destinasi wisata dengan desainnya yang unik dan menarik cocok buat kamu yang hobi selfi dan kulineran.

Lokasi Jembatan Senggol

Jembatan Senggol ini terletak di Dusun Semilir, Kabupaten Semarang. Tepatnya di Jalan Soekarno Hatta 49 Ngemple, Bawen, Semarang, Jawa Tengah. Atau lebih jelasnya terletak di dekat area pintu exit tol Semarang–Bawen kurang lebih 300 meter di sebelah kanan jalan.

Konsep tempat wisata ini adalah ecopark yaitu perpaduan antara modern dan art yang ramah lingkungan.

Hal  ini terlihat  dari bangunan berbentuk seperti stupa candi Borobudur yang terbuat dari  instalasi  dikombinasikan dengan besi dan kaca.

BACA JUGA: Yuk Nikmati Ragam Tarian Tradisional di Desa Wisata Menari Jawa Tengah!

Seperti Cerita Dongeng di Negeri Atlantis

Bangunan ini mirip dengan cerita dongeng di negeri Atlantis. Sedangkan ornamen-ornamen dalamnya menggunakan bambu, kayu, tanaman atau pohon-pohon asli.

Semua tertata, dengan rangkaian seni yang begitu indah. Letaknya yang ada pada daerah pegunungan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Dan membaur dengan alam pedesaan semakin menguatkan konsep ecopark yang diusung.

Indahnya 7 Stupa

Nuansa unik dari tempat wisata ini sebenarnya sudah terlihat dari jauh. Begitu melintas sepanjang jalan Semarang–Bawen atau sebaliknya.

Mata akan tertuju pada tujuh bangunan menjulang tinggi berbentuk stupa berada di daerah pegunungan yang asri.

Pemandangan ini tentunya akan membuat para pelintas jalan berdecak kagum dan penasaran untuk singgah ke tempat wisata ini.

BACA JUGA: Nyobain Kelezatan Pecel Mie Kenyol, Makanan Unik dari Batang Jawa Tengah

Begitu sampai ke  lokasi kamu akan semakin terpesona dengan penataan setiap detail ornamen yang ada.

Masuk pintu utama  dalam bangunan berbentuk stupa kamu akan mendapat suguhan store craft dan batik yang dinamakan Warisan Indonesia.

Pusat jajanan tradisional dan oleh-oleh khas Semarang berada pada sebelah kanan dari pintu masuk yang dinamakan Camilan Indoenesia.

Uniknya Jembatan Senggol

Keluar dari Bangunan Stupa kamu akan melihat jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang menghubungkan antara bangunan stupa dengan sepoi-sepoi food court yang ada di bawahnya.

Jembatan senggol ini berbentuk zig zag dengan kayu dan anyaman bambu sebagai material utamanya.

Di desain menyerupai sebuah lorong atau terowongan yang tembus pandang. Ornamen-ornamen cantik dari bambu menghiasi langit-langitnya.

Pepohonan dan tanaman asli di sepanjang lorong jembatan senggol menambah suasana teduh dan asri seperti di pedesaan.

BACA JUGA: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Stand-Stand Makanan dari Kayu dan Bambu

Sepanjang lorong jembatan senggol kamu akan menjumpai banyak sekali stand makanan dikanan dan kirinya.

Stand ini juga terbuat dari kayu dan bambu. Berbagai makanan dan minuman pun tersedia mulai dari jajanan dan minuman tradisional sampai yang modern alias kekinian.

Untuk pembelian makanan, minuman ataupun cenderamata di kawasan wisata ini hanya bisa menggunkana kartu pembelian yang telah diisi saldonya oleh petugas loket/tiket pada saat pembelian tiket masuk.

Jika saldo dalam kartu tersebut habis sementara kamu masih mau berbelanja, kamu bisa top up saldo di stand-stand yang disediakan untuk top up ataupun isi saldo.

Sebaliknya jika kamu tidak berbelanja, kamu juga bisa refund atau menukarkan kartu pembelian ini dengan uang sesuai dengan saldo awal yang kamu isikan. Tempat penukarannya ada di stand di dekat pintu keluar.

BACA JUGA: Museum History of Java Yogyakarta Kenalkan Sejarah Jawa Lewat Teknologi AR

Tiket Masuk Lokasi

Tiket masuk lokasi ini tidaklah mahal yaitu Rp10.000,00 per orangnya, sedangkan biaya parkirnya Rp5000,00 untuk kendaraan roda empat dan Rp2000,00 untuk kendaraan roda dua.

Cukup murah bukan, Sobat Turusian? Lokasinya yang sangat luas kurang lebih 14 hektar ini belum semuanya tergarap untuk tempat wisata.

Namun untuk area parkirnya kamu tidak perlu khawatir karena sangat luas dan bisa untuk  menampung ratusan kendaraan.

Kedepannya kawasan wisata ini pasti akan menjadi destinasi utama di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

Karena pada saat ini juga sedang dalam proses pembangunan dan pengembangan.

Yuk,, jalan-jalan ke Jembatan Senggol!  ***

Pos terkait