Pesepeda Sudah Tidak Sabar Menjajal Tour of Kemala Belitong 2022

Tour of Kemala Belitong
Peserta test ride "Race 125 KM" Tour of Kemala Belitong 2022 saat singgah di Pantai Tanjung Tinggi Belitung. (Instagram/@Foto profil tourofkemala tourofkemala)

TURISIAN.com – Ajang gowes Tour of Kemala Belitong 2022 sudah dinanti-nanti para goweser. Anak-anak sepeda yang menggandrungi keindahan view Pulau Belitung.

Menjadi dambaan anak sepeda, karena  Belitung terkenal memiliki karakter trek unik dengan gugusan pantai indah.

Nah, bukan tanpa alasan. Ketika Yayasan Kemala Bhayangkari merencanakan menggelar ajang sepeda bertajuk Tour of Kemala Belitong 2022 pada September mendatang, langsung mendapat sambutan yang cukup antusias.

Ini merupakan kali pertama bagi Yayasan Kemala Bhayangkari dibawah istri Kapolri, Juliati Sigit Prabowo, selaku Ketua Pembina, mengadakan ajang kegiatan bersepeda.

BACA JUGA: Ingin Ngopi di Belitung Timur ? Kalian Harus Tau Caranya

Nantinya, Tour of Kemala Belitong 2022 terbagi dalam dua kategori besar.

Yakni Bicycle Race (rute 125 km/untuk kontestan profesional nasional dan internasional) serta Bicycle Tour (56 km/ untuk partisipan umum)

“Keren banget sih. Yang anak-anak sepeda cari,” kata atlet para-sepeda, M. Fadli Immammuddin, seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com, Jumat 29 Juli 2022.

tour of Kemala Belitong
(Instagram/@tourofkemala)

Surga Bagi Para Pesepeda

Menurut M. Fadli, wakil Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 silam, Tour of Kemala Belitong 2022 ibarat “surga” para pesepeda.

BACA JUGA: Menjelajahi 5 Pulau Eksotik di Belitung dalam Sehari

“Jalannya bagus, pemandangannya bagus, jarang kendaraan. Itu sih yang anak-anak sepeda cari,” ujar M. Fadli yang turut memeriahkan pra-acara Tour of Kemala Belitong berupa bakti sosial serta test ride, 28-29 Juli 2022.

Fadli mengaku bahwa karakter trek sepeda Belitung berbeda dengan yang biasa, seperti Pulau Jawa.

Tour of Kemala Belitong 2022 akan berlangsung September 2022 mendatang. Dan sesi test ride telah pada Jumat, 29 Juli 2022.

BACA JUGA: Belitung Triathlon 2022 Siap Digelar Mei Mendatang, Yuk Simak Serba-Serbinya!

“Kayaknya sulit menemukan pada kota besar. Bahkan kalau ke Jawa  juga kayaknya enggak ada yang menyerupai seperti ini. Walau setiap tempat memang punya karakter masing-masing,” ujar pria yang berasal dari  Solo, Jawa Tengah itu.

“Bagus banget. Selain acara kompetisi juga ada kegaiatan bakti sosial. Mendekatkan pesepeda dengan masyarakat umum,” sambungnya.

Hal senada juga datang dari Tabitha Sumendap, pendiri salah satu komunitas sepeda wanita terbesar Indonesia, WCC (Women’s Cycling Community) Nusantara.

Tabitha Sumendap menyebut Belitung seperti permata yang tersembunyi. Jadi, cerita tentang keindahan pulau yang sering berlabel “Negeri Laskar Pelangi” ini mesti terus tersebar ke seluruh nusantara.

BACA JUGA: Hutan Pelawan Namang, Ragam Kekayaan Hayati di Bangka Belitung

“Jadi, Indonesia memang punya banyak hidden gem, tempat indah seperti Belitung ini.”

“Unik karena jalanannya lurus-lurus, panjang. Sedikit rolling (naik-turun) tapi halus, terus pemandangan pantai. Biasanya lebih sering ke pegunungan soalnya,” kata Tabitha yang kini aktif di organisasi PB ISSI

“Jadi, kali ini lihat trek panjang lurus bersih, jalanan juga pantai Belitung bagus banget sih, pasti akan jadi destinasi,” kata Tabitha Sumendap yakin. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait