5.000 Peserta Pocari Sweat Run 2022, Siap Menaklukan Rute Ini

Peserta Pocari Sweat Run
Peserta lari bersiap start di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat pada event Pocari Sweat Run 2019 lalu. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Sebanyak 5.000 peserta event lari Pocari Sweat Run 2022 siapkan meramaikan jalanan Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu 24 Juli 2022.

Terakit pelaksanaan perhelatan event lari akbar tersebut, tempat start  Jalan Diponegero atau tepatnya pada depan Gedung Sate, sejak Sabtu pagi 23 Juli 2022 sudah tertutup untuk arus lalulintas.

Panggung besar,  berdiri pada dua sisi yakni yang akan mengarah ke Jalan Supratman. Dan satu lagi, yang menuju ke Jalan Diponegoro samping Hotel Pullman.

Event lari memasuki  tahun ke-9 ini membawa konsep hybrid. Yaitu menggabungkan antara konsep virtual event dengan offline event.

Konsep tersebut sebagai jawaban keinginan masyarakat yang tak sabar untuk berlari bersama di Kota Bandung secara offline.

BACA JUGA: Devi Chan, Sang Juara Event Lari CTC Yogyakarta, Begini Ceritanya

Instagran@pocarisportid

Serta menjawab kebutuhan mereka yang ingin berlari pada kota masing-masing secara virtual, mulai dari pukul 05.00 WIB sesuai waktu setiap area.

Pada tahun 2022, penyelenggara menargetkan 20.000 peserta. Target peserta meningkat dari tahun lalu yang mencapai 16.000 orang.

Para peserta event yang terselenggara atas kerjasama antara Pemda Provinsi Jawa Barat dengan Pocari Sweat tersebut berasal dari berbagai daerah.

Kampanye #saferunning

Sementara itu, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati menyebutkan, sebanyak 5.000 peserta tadi datang dari 167.

Sedangkan 13.601 peserta lainnya akan mengikuti lari secara virtual pada  311 kota seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Event Lari CTC Berdampak Besar Terhadap Pariwisata Yogyakarta, Ini Kata PHRI

“Kampanye #saferunning setiap tahunnya selalu menjadi konsisten kami. Karena keselamatan para pelari adalah yang utama,” kata Puspita Winawato.

“Begitu pun secara protokol kesehatan, kami mengikuti aturan-aturan yang telah menjadi ketentuan Satgas COVID-19 Kota Bandung,” sambungnya

Instagran@pocarisportid

Wina menambahkan, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 ini berkolaborasi dengan banyak pihak. Dan, konsisten menunjukkan dukungan positif pada ajang olahraga dan kreativitas.

Berbagai pihak tersebut antara lain,  Pemda Provinsi Jawa Barat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Pemerintah Kota Bandung, dan seluruh sponsor.

“Dari Pocari Sweat Run Indonesia 2022 harapannya bisa menjawab kerinduan masyarakat untuk berlari bersama. Khususnyta, pada  Kota Bandung secara offline dengan kategori marathon, half marathon, dan 10K.” tambah Wina

BACA JUGA: Sebelum Ikut Pocari Sweat Run 2022 di Bandung, Perhatikan Ini

Sedangkan proses pendaftaran peserta Pocari Sweat Run 2022 sendiri sudah mulai sejak 9 Maret 2022 dengan lima kategori jarak. Yakni marathon, half-marathon, 10K, 5K, dan 3K.

Seluruh pendaftaran hanya berlangsung pada aplikasi Born to Sweat dengan empat paket yang dapat menjadi pilihan  peserta.

Antara lain Free Package, Medal Parckage, Running for Kid Package, dan Medal + Running Jersey Package.

Satuan Lalulintas Polrestabes Bandung

Instagran@pocarisportid

Untuk biaya pendaftaran event virtual tahun ini sebesar Rp 175.000 sampai dengan Rp 300.000. Untuk event offline mulai dari Rp 625.000 sampai dengan Rp 950.000.

Usia minimal untuk setiap kategori berbeda. Ada yang  12 tahun untuk kelas 3K dan 5K.Kemudian, 15 tahun pada  kelas 10K, 17 tahun untuk kelas half marathon, dan 18 tahun untuk kelas marathon.

BACA JUGA: Yuk Siapkan Fisik Buat Ikutan Bali Trail Running Challenge 2022! Simak Infonya Berikut Ini!

Dibagian lain, berkaitan dengan event lari ini, pihak kepolisian  melalui Satuan Lalulintas Polrestabes Bandung telah melakukan beberapa penutupan jalan, untuk kepentingan selama acara lari berlangsung.

“Ada penutupan Jalan Diponegoro (Depan Gedung Sate) Kota Bandung dari tanggal 23-24 Juli 2022. Penutupan Jalan mulai dari Pertigaan Jl. Sentot sampai dengan Pertigaan Jl. Cilamaya,” demikian rilis dari Polrestabes Bandung.

Rute yang Dilewati Peserta Pocari Sweat Run 2022

Instagran@pocarisportid

Para pelari Pocari Sweat Run 2022 bakal melewati beberapa rute sebagai berikut:

(Start) Diponegoro – Supratman – Pusdai – Surapati – Layang Pasupati – Pasteur – U turn – Pasteur – Layang Pasupati – Pusdai – Supratman – Ahmad Yani – Ibrahim Adjie – Terusan Jakarta – U turn – Terusan Jakarta – Ibrahim Adjie – U turn – Ibrahim Adjie – Gatot Subroto.

Kemudian berlanjut ke Turangga – R.A.A. Martanegara – Pelajar Pejuang 45 – Buah Batu – Gurame – Karapitan – Cikawao – U turn Cikawao – Karapitan – Asia Afrika – Banceuy – ABC – Braga – Suniaraja – Perintis Kemerdekaan – Kebon Jukut – Otista – Kebon Kawung – H.O.S. Cokroaminoto  kemudian masuk ke Pasir Kaliki

Lalu masuk ke  Padjajaran – Cihampelas – Wastukencana – Martadinata – Merdeka – Jawa – Bangka – Belitung – Banda – Martadinata – U turn – Martadinata – Taman Pramuka – Bengawan – Ciliwung – Supratman – Diponegoro (Finish)

Half Marathon

Instagran@pocarisportid

(Start) Diponegoro – Supratman – Ahmad Yani – Ibrahim Adjie – Gatot Subroto – Turangga – R.A.A Martanegara – Pelajar Pejuang 45 – Buah Batu – Gurame – Karapitan – Asia Afrika – Banceuy – ABC – Braga – Suniaraja dan Perintis Kemerdekaan.

Selanjutnya masuk ke Kebon Jukut – Otista – Kebon Kawung – H.O.S. Cokroaminoto – Pasir Kaliki – Padjajaran – Cihampelas – Wastukencana – Martadinata – Citarum / Masjid Istiqomah – Taman Citarum – Ciliwung – Supratman  dan finish Jaln Diponegoro.

Rute untuk kategori 10 km

(Start) Diponegoro – Sentot Alibasyah – Surapati – Layang Pasupati – Cihampelas – Wastu Kencana – Martadinata – Merdeka – Jawa – Bangka – Belitung – Banda – Martadinata – U turn – Martadinata – Taman Pramuka – Bengawan – Ciliwung – Supratman – Diponegoro (Finish). ***

Pos terkait