Yuk Wisata Sambil Belajar Berkebun dan Beternak di SEIN Farm Bandung!

SEIN Farm Bandung
Panorama alam dengan persawahan di SEIN Farm Bandung. (Dok. Pemkot Bandung)

TURISIAN.com – Cari alternatif wisata di Kota Bandung yang tak kalah menarik? Sobat Turisian mesti coba datang ke Sekemala Integrated Farming atau SEIN Farm Bandung. Di tempat ini, kita bisa berwisata sambil belajar berkebun dan beternak.

Kawasan wisata edukasi Bandung ini menyajikan beragam budi daya ikan, hewan ternak, serta pertanian. Dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program ketahanan pangan di Kota Bandung.

Di tempat wisata edukasi Bandung ini, Sobat Turisian dapat mengenal tentang pertanian dan peternakan sambil berwisata dengan suasana khas pedesaan. Selain itu, juga bisa melakukan beragam kegiatan edukatif yang menarik.

Sein Farm menjadi objek wisata pertanian terpadu pertama di Kota Bandung. Tempat ini hadir sebagai program dari Pemerintah Kota Bandung bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung. Peresmianya oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial, (Alm.) pada September 2020.

Kini dengan daya tarik aktivitas edukasi dan pesona alam sekitar yang indah, Sekemala Integrated Farming menjadi daya tarik wisata baru di Kota Bandung dan cukup banyak peminatnya. SEIN Farm hadir menjadi alternatif wisata edukatif di Bandung tentang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Lokasi SEIN Farm Bandung yang berada di Cisurupan, Cibiru ini, juga menarik lantaran terletak di kawasan Gunung Manglayang yang hijau, asri, dan berhawa sejuk bikin nyaman. Dari tempat  ini, Sobat Turisian bisa menikmati panorama keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Belajar Berkebun dan Beternak di SEIN Farm

Di SEIN Farm Sekemala Bandung, Sobat Turisian bisa belajar bertani atau berkebun hidroponik, akuaponik, dan pesawahan. Bahkan juga bisa memilih belajar beternak hewan peliharaan, seperti domba, ayam, ikan lele, dan lainnya.

Baca juga: Serlok Bantaran, Tempat Wisata Alam Baru di Kota Bandung

Kawasan ini mengkombinasikan berbagai jenis pangan dalam satu area. Kemudian ada pula pembibitan tanaman hias dan obat-obatan. Bagi yang belajar bertani dan beternak di sini, akan ada pendampingan langsung oleh penyuluh pertanian pihak SEIN Farm Bandung.

Edukasi Urban Farming 

Berkunjung ke SEIN Farm Bandung, Sobat Turisian bisa belajar dan mendapat wawasan soal berkebun. Sehingga saat pulang bisa mengaplikasikannya dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada di rumah dengan berkebun. Tujuannnya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri atau biasa dikenal dengan konsep Urban Farming.

Di tempat ini, bisa menjadi wadah edukasi kepada wisatawan program urban farming perikanan, peternakan, pembibitan, perkebunan dan pertanian. Hadirnya urban farming di tempat ini bisa menjadi sarana rekreatif kekinian dengan pesona panorama Kota Bandung.

Cara Berkunjung & Jam Buka SEIN Farm Bandung

Jika tertarik belajar di wisata edukasi Bandung ini, Sobat Turisian bisa daftar via online di link: http://bit.ly/SEINfarm. Namun jika hanya ingin wisata biasa, bisa langsung datang ke lokasi mengikuti jadwal dan aturan.

Destinasi wisata Bandung ini buka dari Selasa sampai Minggu, mulai jam 09.00 – 12.00 WIB dan pukul 14.00 – 16.30 WIB. Sedangkan di akhir pekan buka dari pukul 08.00 – 12.00 WIB dan jam 14.00 – 20.00 WIB.

Baca juga: Yuk Belajar Mengenal Jenis-Jenis Nuklir di Wisata Edukasi BATAN Bandung!

Menariknya lagi, Sobat Turisian berkunjung ke sini tidak perlu bayar tiket masuk alias gratis. Ke depannya di Sekemala Integrated Farming akan ada pembangunan Camping Ground di beberapa titik area. Jadi makin lengkap keseruannya, Sob!*

Pos terkait