Asyiknya Bermain di Taman Ramah Anak Museum Benteng Vredeburg

Taman Museum Vredeburg
Salah satu sudut di Taman Ramah Anak Museum Benteng Vredeburg. (Dispar Kota Jogja)

TURISIAN.com – Liburan ke Yogyakarta bersama keluarga memang tak akan pernah bosan. Kota Gudeg ini memang selalu menampilkan wisata menarik yang baru untuk Sobat Turisian bersama keluarga nikmati. Yang terbaru ada Taman Ramah Anak Museum Benteng Vredeburg.

Taman ramah anak di area luar Museum Benteng Vredeburg ini merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang sejuk dengan pepohonan rindang. Lengkap dengan area bermain anak serta bangku-bangku beragam bentuk dan warna. Pokoknya asyik banget menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Di area ini, para pengunjung Museum Benteng Vredeburg bisa beristirahat seusai berkeliling menikmati keindahan bangunan dan koleksi bersejarah di dalam museum. Ruang terbuka hijau ini dibangun sebagai fasilitas penunjang untuk pengunjung yang datang dengan bermacam-macam tujuan.

Ada pengunjung yang ingin belajar sejarah, memenuhi tugas sekolah, melihat bangunan peninggalan kolonial, bertujuan melihat pameran atau event, juga termasuk yang mendampingi anak bermain. Hal ini sudah menjadi tugas dan fungsi museum untuk mengakomodir berbagai kebutuhan pengunjung, termasuk pembuatan taman ini.

Di samping itu, taman ramah anak Yogyakarta ini sekaligus menjadi daya tarik perhatian bagi anak-anak. Terutama untuk berkunjung dan belajar sejarah sambil bermain di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Baca juga: Museum Benteng Vredeburg, Peninggalan Belanda di Tanah Keraton Yogyakarta

Taman Museum Vredeburg yang merupakan ruang terbuka di tengah kota ini, secara tidak langsung dapat juga berfungsi sebagai sarana menjaga kualitas lingkungan. Serta sebagai sarana meningkatkan interaksi sosial antar pengunjung atau masyarakat.

Bagi anak-anak yang merupakan target utamanya, mereka diharapkan dapat belajar bersosialisasi. Khususnya dengan anak-anak lain sembari bermain di Taman Ramah Anak Benteng Vredeburg.

Spot Foto & Tiket Masuk Taman Museum Vredeburg

Tak hanya menjadi spot menyenangkan bagi anak-anak, taman wisata Yogyakarta ini pun menjadi area wisata selfie. Di tempat ini banyak spot menarik untuk Sobat Turisian yang hobi berswafoto.

Ada beberapa spot foto dengan benda-benda menarik di dalam taman. Seperti lokomotif kereta api lawas, Patung Monumen Serangan Umum 1 Maret, instalasi gerbang, serta bangku-bangku berbentuk unik.

Baca juga: Wisata Malam Yogyakarta, Ada Tugu Jogja yang Ikonik dan Instagenik

Untuk masuk Taman Museum Benteng Vredeburg Jogja, Sobat Turisian cukup membayar tiket masuk yang sudah terintegrasi dengan tiket museum. Tiketnya hanya dibanderol dengan harga Rp 3.000 per orang. Pintu masuknya berada di sebelah selatan pintu masuk Museum Benteng Vredeburg.*

Pos terkait