Wisata Kuliner Tradisional di Pawone Simbah Batang yang Bernuansa Jawa Klasik

Pawone Simbah Batang
Pawone Simbah Batang. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Bila ada kesempatan berkunjung ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sobat Turisian tak boleh melewatkan wisata kuliner. Di daerah ini banyak tempat makan yang menawarkan beragam menu lezat. Salah satunya tempat kuliner Pawone Simbah yang terletak di Desa Lebo, Warungasem, Batang.

Pawone Simbah yang buka resmi tahun 2019, bisa menjadi pilihan Sobat Turisian saat berkunjung ke Batang. Tiap akhir pekan, banyak kendaraan berplat luar daerah Batang mampir ke rumah makan yang mengusung konsep tempo dulu ini.

Meski tidak berlokasi di perkotaan, akses menuju ke warung makan ini terbilang mudah. Jika Sobat Turisian menempuhnya dari exit toll Warungasem Batang, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit. Sedangkan kalau datang dari alun-alun Batang membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Begitu sampai di Pawone Simbah, Sobat Turisian akan disambut dengan nuansa Jawa Klasik. Membuat yang datang bernostalgia ke zaman dulu.

Seakan-akan sedang mengunjungi rumah masa kecil di kampung halaman. Letaknya yang berada di sekitar hutan sengon, makin menjadikan suasana Pawone Simbah semakin syahdu.

Menu Kuliner di Pawone Simbah Batang

Kuliner khas di Pawone Simbah yaitu masakan mangut dan lainnya yang menggugah selera makan. Apalagi jika Sobat Turisian sudah masuk ke dalam ‘pawon’ atau dapurnya, yang memang menjadi highlight dari konsep rumah makan ini.

Baca juga:Berkunjung ke Mini Belanda Spot Foto di Kebun Teh Pagilaran Batang

Di sini Sobat Turisian pasti nafsu makannya semakin meningkat. Pasalnya tersaji beragam jenis kuliner, mulai dari asin, pedas, ber-santan, gorengan, sayuran dan lainnya.

Menu kulinernya pun beragam, mulai dari ayam, lele, tongkol, cumi, tahu, tempe dan lainnya. Ada yang dibacem, goreng, bakar, pecak panggan, dan lainnya. Ditambah lagi, Sobat Turisian bisa mengambil berbagai jenis makanan sesuai dengan selera secara prasmanan.

Tak hanya itu Sobat Turisian pun bisa secara langsung melihat aktivitas para ibu-ibu yang memasak di sana. Sembari mengambil makanan, kalian juga bisa berinteraksi dan mengamati para ibu-ibu memasak. Pemadangan ini pun bisa menjadi nostalgia kenangan masa kecil.

Peralatan makan dan minumnya pun semuanya disesuaikan dengan konsep tempo dulu. Desain interior dengan pernak-pernik khas Rumah Joglo klasik, semakin membuat Sobat Turisian betah berlama-lama di sini. Jangan lupa selfie dulu di berbagai spot menarik.

Jajanan Jadul di Pawone Simbah

Selain masakan, di sini Sobat Turisian juga bisa menikmati jajanan kuliner jadul. Beberapa jajanan tersebut, bisa Sobat Turisian bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Baca juga: Serabi Kalibeluk, Camilan Khas Batang yang Tampil Sederhana Namun Rasanya Lezat

Pawone Simbah juga menggarap konsep wisata dengan dua sisi yang berbeda. Persis di belakang pawon, ada Kampung Milenial dengan nuansa modern khas Museum Angkut Malang. Terdapat area kafe yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong sembari mengabadikan momen bersama keluarga, sahabat, dan kerabat tersayang.

Pos terkait