Rekreasi Asyik ke Jangari Cianjur, Dari Naik Perahu Hingga Makan di Warung Terapung

Jangari Cianjur
Objek wisata Jangari Cianjur. (Source: cianjurkab.go.id)

TURISIAN.com – Bingung cari tempat wisata alam yang menyenangkan? Sobat Turisian bisa coba berwisata ke objek wisata Jangari, Cianjur. Lokasinya berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande Kulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sekitar  17 km dari pusat kota Cianjur.

Wisata Jangari, Cianjur berupa danau buatan bagian dari Waduk Cirata. Menyuguhkan panorama alam yang indah dan memukau, dengan lanskap genangan airnya berlatar pegunungan.

Berhiaskan jajaran keramba (kolam terapung) ikan yang bertebaran di tengah danau. Sangat pas untuk Sobat Turisian refreshing dan bersantai melepas kepenatan rutinitas sehari-hari.

Sobat Turisian pun bisa mencoba perjalanan menuju keramba terapung tersebut dengan menaiki perahu sewaan dari nelayan setempat. Air waduk yang tenang dan pemandangan yang indah, membuat perjalanan akan terasa menyenangkan.

Spot Wisata Jangari Hills Cianjur

Selain itu, di destinasi wisata Cianjur ini terdapat spot menarik yang baru dan kekinian, yaitu Jangari Hills. Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan lanskap perairan Jangari di Waduk Cirata dari ketinggian.

Jangari Cianjur
Salah satu Spot Foto di Jangari Hills. (Disparpora Cianjur)

Tambah hamparan rumput yang luas di Jangari Hills, sungguh memikat mata. Di sini juga, Sobat Turisian bisa memuaskan diri untuk swafoto di berbagai spot foto instagenik yang tersedia. Serta terdapat fasilitas wahana camping ground untuk aktivitas menginap seru bersama pasangan, keluarga, atau kerabat.

Baca juga: Rasakan Sensasi Canyoneering di Curug Cikondang Cianjur

Jangari Hills buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 15.00 WIB sore. Jika berkunjung kala hari libur akhir pekan atau libur besar, Sobat Turisian akan disuguhi atraksi-atraksi kesenian tradisional maupun modern, seperti jaipongan atau musik dangdut.

Kuliner Warung Terapung Jangari

Untuk urusan kuliner, di objek wisata Jangari terdapat warung makan apung yang terletak di tengah danau. Ada sekitar tujuh warung makan apung yang menyediakan ragam menu ikan bakar, nasi liwet, es kelapa muda yang menyegarkan dahaga, dan lainnya.

Namun untuk menikmati itu semua, Sobat Turisian harus menaiki perahu terlebih dahulu. Tarif naik perahunya masih cukup terjangkau, sekitar 15 ribu rupiah untuk pulang-pergi.

Fasilitas & Rute ke Jangari Cianjur

Fasilitas lain yang tersedia di objek wisata tirta Cianjur ini, sudah cukup lengkap. Antara lain area parkir kendaraan, musala, toilet, penginapan, dan lainnya.

Rute untuk menuju Jangari, jika Sobat Turisian dari arah Jakarta bisa melalui jalan Tol Purbaleunyi. Selepas pintu Tol Padalarang, ambil arah ke Cianjur. Lalu menuju Ciranjang dan teruskan perjalanan ke Waduk Jangari dengan mengikuti papan arah jalan yang tersedia.

Baca juga: Menikmati Petang Di Sisi Istana Cipanas, Tetap Menyimpan Keindahan

Oh iya, ada pesan penting nih buat Sobat Turisian! Saat berkunjung ke destinasi wisata tirta Jangari, hindari untuk berenang meskipun piawai. Karena kedalaman waduk/danau mencapai 100 meter, belum termasuk lumpur di dasarnya.*

 

Pos terkait