5 Aneka Masakan Telur dari Berbagai Daerah, Inspirasi Buat Menu Sahur Nanti

Masakan telur
Telur Pindang khas Yogyakarta.

TURISIAN.com – Saat sahur di bulan Ramadan, pasti banyak yang menyiapkan resep masakan yang mudah memasaknya untuk makan sahur. Nah untuk menu sahur nanti, Sobat Turisian coba membuat aneka masakan telur khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Makanan sahur, haruslah yang sehat dan berenergi agar puasa Sobat Turisian tetap kuat sepanjang hari. Menu telur dirasa cukup tepat karena kandungan gizinya cukup baik.

Berikut ini ada 5 aneka masakan telur khas Nusantara yang bisa jadi inspirasi ide buat menu makan sahur nati, Sobat Turisian!

Telur pindang dari Yogyakarta

Bagi Sobat Turisian yang pernah meyantap kuliner Jogja gudeg, pasti tahu olahan telur yang satu ini. Telur pindang sudah sering kita temui di berbagai tempat makan. Warnanya agak gelap dan bercita rasa kenyal, sering menemani sajian gudeg.

Olahan telur ini mengadaptasi dari kuliner Tionghoa, pembuatannya pun tergolong unik. Cara membuatnya, bahan telur rebus yang masih setengah matang, lalu diretakkan.

Baca juga: 8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

Kemudian rebus kembali ke dalam air rebusan yang berisi rempah-rempah. Seperti kulit bawang merah dan bawang putih, daun salam, daun jeruk, daun jambu, lengkuas, serta jahe.

Botok telur asin dari Jawa Tengah
masakan telur
Botok Telur khas Jawa Tengah.

Jawa Tengah juga punya masakan telur yang khas, rasanya gurih dan pedas. Makanan yang bikin nagih ini bernama botok telur asin. Sering disajikan saat bulan Ramadan. Botok sendiri merupakan makanan khas Jawa yang identik dengan parutan kelapa dan rasa pedasnya.

Nah, sebagai variasi Botok, ada juga yang menambahkan telur asin. Tampilannya terbungkus daun pisang seperti pepes. Ketika dibuka akan terlihat telur yang sudah berbentuk seperti trapesium dan saat dibelah, ada kuning telurnya. Oh iya, campuran telur asin dengan botok ini bergizi tinggi lho, Sobat Turisian!

Tahu telur dari Jawa Timur
masakan telur
Tahu Telur khas Surabaya, Jawa Timur.

Sajian makanan sahur tahu telur berasal dari wilayah Jawa Timur. Masakan telur khas Surabaya ini kaya protein. Cocok banget untuk menu sahur, karena dari segi bahannya yang mudah ditemukan, proses pembuatannya yang cepat, hingga kandungan gizinya pun luar biasa.

Cara untuk membuat tahu telur, hanya membutuhkan potongan tahu, telur, tepung terigu, dan garam. Setelah itu, semua bahan aduk hingga tercampur, lalu goreng deh. Sajikan dengan topping tambahan sesuai selera.

Telur bumbu Bali dari Bali

Masakan telur dari Pulau Dewata yang satu ini sangat menggugah selera, Sobat Turisian! Telur bumbu khas Bali memiliki cita rasa sendiri. Jika Sobat Turisian sudah pernah mencoba telur balado khas Minang, maka telur bumbu Bali memiliki tekstur bumbu yang lebih kental, gelap, dan harum.

Baca juga: Enaknya Kicak, Camilan Manis Khas Ramadan dari Yogyakarta

Nah, resep bikin telur bumbu Bali cukup gampang. Campur telur rebus yang telah digoreng dengan bumbu berbahan rempah-rempah, seperti cabai merah, merica, gula merah, dan daun jeruk. Daun jeruk inilah yang memberikan aroma pada telur. Mantap nih, wajib coba Sobat Turisian!

Acar Tigu dari Kalimantan Timur

Olahan telur yang terakhir, ada Acar Tigu asal Kalimantan Timur. Sobat Turisian wajib coba memasak makanan ini. Acar Tigu berbumbu dan berkuah yang sangat terasa di lidah.

Cara membuatnya, setelah menggoreng telur, Sobat Turisian harus tumis bumbu yang terdiri dari garam, gula, cuka, bawang-bawangan, jahe, dan kunyit. Lalu masukkan telur tadi ke tumisan bumbu. Tambahkan juga irisan cabe merah dan bawang putih untuk menambah rasa pedas dan dekorasi acar tigu.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

 

 

Pos terkait