7 Menu Sarapan Khas Indonesia yang Sedap dan Mengenyangkan

sarapan khas indonesia
Menu sarapan bubur ayam. (source: indonesia.travel)

Di sini terdapat banyak varian nasi goreng yang memiliki kekhasan setiap daerah. Seperti Nasi Goreng Magelang (nasi goreng dengan mie dan kecap manis), Nasi Goreng Padang (nasi goreng merah dengan kerupuk merah muda), Nasi Goreng Gila (nasi goreng nasi dengan bumbu sayur), dan masih banyak lagi.

Nasi Kuning

sarapan khas indonesia

Makan yag satu ini termasuk menu sarapan yang juga populer di Indonesia, terutama di Pulau Jawa sebagi daerah asalnya. Nasi kuning juga kerap disajikan dalam berbagai perayaan atau upacara adat sebagai ungkapan rasa syukur.

Selain di wilayah Jawa, nasi kuning juga bisa ditemukan di Bali, Manado, dan Banjar Kalimantan. Warna kuning pada makanan ini berasal dari bahan alami kunyit. Sehingga tidak hanya kaya rasa, namun juga aman untuk dikonsumsi dan berkhasiat. Menurut masyarakat Jawa, kuning melambangkan emas yang berarti kekayaan.

Nasi Uduk

sarapan khas indonesia

Sarapan berikutnya yang juga tidak asing lagi, ada nasi uduk yang berasal dari Jakarta. Nasi Uduk merupakan olahan nasi kukus ala Betawi yang dimasak dengan santan. Banyak dijual di seluruh pelosok negeri. Cita rasanya gurih dan nikmat disantap dengan lauk apa saja dan yang menjadi khasnya ada tambahan samabl kacangnya.

Nasi Rames

nasi rames

Masakan nasi rames dikenal juga dengan nasi campur. Menu sarapan ini disertai campuran masakan lainnya. Seperti daging, sayuran, kacang tanah, telur, dan kerupuk udang goreng. Macam-macam lauk pauknya tergantung dari daerah asalnya.

Lontong Sayur

lontong sayur

Berikutnya ada Lontong Sayur yang merupakan hidangan khas Indonesia. Berbahan utama beras yang dibuat menjadi lontong. Biasanya disajikan dengan kari santan yang berisi pepaya muda, tahu rebus kedelai, dan telur rebus.

Penjual lontong sayur banyak ditemukan saat pagi hari, hampir di seluruh wilayah nusantara. Setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri.

Mie Goreng

Mie goreng

Hidangan mie goreng juga masuk dalam menu sarapan khas Indonesia. Makanan ini juga merupakan perpaduan kuliner Indonesia-Cina. Terbuat dari mie kenyal yang digoreng dengan saus manis dan asin, serta mengandung banyak sayuran renyah dan bumbu rempah.

Baca juga: 5 Kuliner Tradisional Betawi yang Melegenda dan Masih Bisa Dinikmati di Jakarta

Mayoritas daerah di Indonesia memiliki varian khas mie goreng. Diantaranya Mie Goreng Aceh (mie goreng dengan bumbu dan bumbu khas Aceh), Mie Goreng Jawa (mie goreng dengan kecap manis), Mie Tiaw Pontianak (mie goreng dengan kwe tiaw, varian mie yang lebar dan pipih), dan masih banyak lagi.*

 

 

 

 

Pos terkait