7 Menu Sarapan Khas Indonesia yang Sedap dan Mengenyangkan

sarapan khas indonesia
Menu sarapan bubur ayam. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Menu sarapan pagi khas masyarakat Indonesia sangat beragam. Hampir di setiap daerah mempunyai makanan khas untuk sarapan pagi. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang bikin perut kenyang.

Nasi sebagai makanan pokok, menjadi bahan utama yang mendominasi olahan menu sarapan khas orang Indonesia. Rata-rata olahan nasi atau beras ini dilengkapi daging ayam, telur, sayuran, dan lainnya. Bumbunya pun beragam sehingga membuat sedap kala disantap.

Di bawah ini ada 7 menu sarapan khas yang pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya lezat, mudah ditemukan, murah, dan yang pasti mengenyangkan, pas buat bekal energi hingga siang nanti.

Bubur Ayam

Menu bubur ayam menjadi salah satu makanan pagi yang populer di Indonesia. Diyakini sebagai perpaduan makanan tradisional Cina dan Indonesia. Bubur ini terbuat dari beras yang disajikan dengan suwiran daging ayam.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Umumnya diberi taburan daun bawang cincang, bawang merah goreng renyah, seledri, kedelai goreng, kerupuk, potongan cakue, kecap asin, kecap manis, dan sambal. Di beberapa daerah ada yang diberi kuah kaldu ayam kuning.

Makanan ini banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Bubur Tinutuan (bubur Manado), Bubur Baro Baro dari beras ketan yang direbus dengan daun pandan), dan lain-lain.

Nasi goreng

sarapan khas indonesia

Nasi goreng merupakan hidangan Asia yang sangat populer dan mendunia. Di Indonesia, nasi goreng sudah familiar sebagai menu sarapan dan rasanya pun sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Hotel-hotel di Indonesia juga menyajikan nasi goreng sebagai menu sarapannya. Bahkan hidangan ini mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Banyak juga penjual nasi goreng berjualan di malam hari.

Pos terkait