11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Event Jawa Tengah 2022
International Mask Festival (IMF) Surakarta 2019. (dok. Disporapar Prov. Jateng)
5. Solo Keroncong Festival, Kota Surakarta

Solo Keroncong Festival merupakan event Kota Surakarta yang digelar untuk terus menghidupkan eksistensi musik keroncong di Indonesia. Acara tersebut juga akan dimeriahkan penampilan musisi kenamaan. Rencanany dilaksanakan pada 16-17 Juli 2022.

6. Festival Arak-Arakan Cheng Ho, Kota Semarang

Festival Arak-Arakan Cheng Ho di Kota Semarang ini, diselenggarakan sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang pada 617 tahun lalu. Event akan diawali kirab membawa patung Dewa dengan berjalan kaki dari Klenteng Tay Kak Sie di Pecinan menuju Klenteng Sam Poo Kong di Gedong Batu.

Agenda wisata rutin setiap tahun ini, dimeriahkan pula dengan pertunjukan kesenian tradisional yang menampilkan perpaduan seni budaya Tionghoa dan Jawa. Berlangsung pada 27-28 Juli 2022.

7. Dieng Culture Festival, Kabupaten Banjarnegara

Dieng Culture Festival telah menjadi event berkelas yang sudah dikenal mancanegara. Acara memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

Festival Dieng akan menyuguhkan pertunjukan unggulan, yakni “Musik Jazz di Atas Awan” dengan suasana tempat yang dingin, sungguh berkesan. Dimeriahkan pula ragam kesenian tradisonal. Puncak acaranya, yaitu ritual pencukuran rambut gimbal anak gembel Dieng. Berlangsung pada 26-28 Agustus 2022.

8. Festival Gedongsongo, Kabupaten Semarang

Festival Gedongsongo merupakan rangkaian dari “Kabupaten Semarang Festival” yang rencana digelar pada Juli 2022. Event ini sekaligus menjadi ajang promosi potensi wisata, budaya, kuliner khas, hotel dan homestay, serta ekonomi kreatif Kabupaten Semarang.

Baca juga: Kalender Event Kota Yogyakarta 2022

Dimeriahkan penampilan kesenian daerah dan puncak acara diisi “Resik-resik Candi Gedongsongo”. Sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan pengharapan agar masyarakat Kabupaten Semarang diberikan keselamatan dan kehidupan yang lebih baik.

Pos terkait