Telaga Sarangan Magetan Suguhkan Panorama Alam yang Memesona

telaga sarangan
Telaga Sarangan Magetan yang memesona. (Disparbud Magetan)

TURISIAN.com – Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai Telaga Pasir menyuguhkan panorama alam yang memesona. Lokasinya berada di ketinggian 1.200 mdpl, sebelah timur lereng Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Berjarak kurang lebih 16 km arah barat dari pusat Kota Magetan. Memiliki luas area 30 hektar dan kedalaman telaga mencapai 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat celsius. Menjadikan destinasi ini berhawa sejuk dan tentunya dengan panorama alam yang indah.

Wisata ke Telaga Sarangan dapat menjadi obat healing alami bagi wisatawan. Terutama untuk menghilangkan kepenatan. Dijamin, wisatawan juga akan betah berlama-lama di sana.

Atraksi wisata yang tersedia juga cukup beragam. Seperti berkuda mengelilingi area telaga atau yang lebih menarik lagi, mencoba mengendarai kapal cepat (speedboat) untuk mengarungi telaga yang berlatar pegunungan.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Jika kurang puas menikmati suasana telaga di siang hari, wisatawan bisa memilih menginap untuk menikmati keindahannya di malam hari. Terdapat berbagai pilihan penginapan yang berada di sekeliling telaga. Mulai dari hotel berbintang, hotel kelas melati, hingga pondok wisata.

Destinasi telaga alami ini pun sudah dilengkapi dengan puluhan kios cendera mata, restoran, wahana bermain, hingga taman. Ditambah fasilitas umum seperti tempat ibadah, toilet, area parkir, dan lainnya.

Nikmati pula aneka kuliner khas yang dijajakan di sekitar telaga, salah satunya sate kelinci. Jangan lupa untuk membeli kerajinan tangan dari warga sekitar sebagai cendera mata. Diantaranya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, serta produk makanan khas emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli dari nasi).

Baca juga: Kalian Wajib Mampir, Ini 5 Destinasi Wisata Lombok yang Sedang Ngehits

Telaga Sarangan dibuka setiap hari selama 24 jam, dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Sangat cocok dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga, teman, atau kolega.*

 

 

Pos terkait