Mencari Tiket Menuju ‘Surga’ Banda Neira, Begini Caranya

Banda Neira
Kapal pesiar melintas di gugusan pulau Banda Neira, Maluku. Foto: iStock

TURISIAN.com – Siapa yang tak ingin berkunjung ke Banda Neira. Sebuah destinasi incaran para wisatawan nusantara dan juga wisatawan mancanegara (wisman).

Terletak di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, daerah ini menyimpan banyak tempat wisata bagaikan kepingan ‘surga’ yang jatuh ke bumi.

Bagamana tidak, sepanjang mata memandang, laut biru dan unggukan bukit-bukit nan hijau membawa kita seolah sedang berada di negeri dongeng.

Dan, buat Sobat Turisian yang menyukai wisata laut bisa diving dan snorkeling di Banda Neira. Tidak hanya itu, lokasi diving yang sama juga bisa ditemui di Pulau Hatta, Pulau Sjahrir, Pulau Rhun, atau Pulau Nailaka.

BACA JUGA: Berkunjung ke Benteng Amsterdam Ambon yang Dibangun Abad ke-17

Gak sampai disitu lho guys, kamu  juga bisa menikmati keindahan Banda Neira dari Puncak Gunung Api di Kepulauan Gunung Api. Wow, keren kan?

Bagaimana dengan cerita sejarahnya. Nah, di kepulauan ini juga pengunjung bisa melakukan wisata sejarah dengan mengunjungi Rumah Budaya Banda Neira.

Atau, menikmati udara segar di sore hari dari atas Benteng Belgica. Serta mengunjungi rumah-rumah milik sejumlah tokoh yang pernah diasingkan ke Banda Neira.

Berlibur ke Kota Banda Neira

Makanya, bakalan tidak menyesal sepulangnya kalian sehabis berlibur ke Kota Banda Neira.

BACA JUGA: Istana Mini Banda, Bangunan Heritage Buatan Belanda Pada Tahun 1622

Justru yang muncul adalah rasa untuk bisa kembali menginjakkan kaki di sebuah kota kecil nan indah ini.

Sebuah gugusan pulau  yang pernah menjadi pusat perdagangan pala oleh Belanda pada pertengahan abad ke-19.

Nah, ini yang paling penting buat kalian sebelum sampai ke Banda Neira. Yakni, bagaimana kita mempersiapkan tiket.

Ya, sebab masalah transportasi ke Banda Neira  jumlahnya  belum begitu banyak. Setelah melalui jalan udara selama tiga jam 30 menit, kalian masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal cepat yang memakan waktu selama enam sampai tujuh jam lho.

BACA JUGA: Tiket Pesawat Naik 40 Persen, Dishub Maluku ‘Protes’ ke Menteri

Begitu pun, maskapai yang melayani rute dari Jakarta ke Ambon bisa dihitung dengan jari. Kalau tak mau repot-repot untuk transit tapi tetap merasa nyaman, kami sarankan untuk menggunakan Lion Air yang terbang pada pukul 20.00 WIB.

Begitu sampai di bandara Pattimura, Ambon, tepat pukul 08.50 WITA. Jadi, masih ada waktu kalian buat mengejar kapal cepat Express Bahari yang berangkat setiap pukul 09.30 WITA.

Seperti dikutip Turisian.com dari aplikasi perjalanan Traveloka, Rabu 12 Oktober 2022, untuk tiket pesawat dari Jakarta-Ambon Rp. 3.137.000,-

Jadwal kapal Cepat Express Bahari

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal cepat atau kapal express bahari dari pelabuhan Tulehu Ambon menuju pelabuhan Banda Neira yang beroperasi setiap 2 kali dalam seminggu yakni :

  •     Hari Selasa Pukul 09.00 pagi
  •     Hari Sabtu pukul 09.00 pagi

Dan untuk pulangnya atau jadwal keberangkatan kapal express bahari dari pelabuhan Banda Neira menuju pelabuhan Tulehu Ambon adalah setiap :

  •     Hari Rabu Pukul     : 09.00 pagi
  •     Hari Minggu Pukul : 09.00 pagi

BACA JUGA: Husafara atau Mandi Safar, Tradisi Menyucikan Diri Masyarakat Muslim Maluku

Lama tempuh dan harga tiket kapal cepat Express Bahari Dari Tulehu Ambon ke Banda Neira

Jika kalian naik kapal cepat express bahari, keuntungan dari segi waktu tempuh jauh lebih cepat dan lebih hemat dibanding dengan 2 jenis kapal lainnya.

Lama tempuh atau lama perjalanan dari Pelabuhan Tulehu Ambon menuju pelabuhan Banda  maupun sebaliknya adalah  sekitar 6-7 jam saja.

Dan untuk harga tiket kapal express bahari atau kapal cepat dari pelabuhan Tulehu Ambon Menuju Pelabuhan Banda adalah Rp 410.000 (Kelas Biasa) dan Rp 650.000 (Kelas VIP ).

Kapal Cepat ini muatanya terbatas yakni hanya bisa menampung sekitar 300 penumpang saja. Diluar barang-barang besar dan hanya memuat barang-barang umum penumpang. ***

Pos terkait