Cari Tempat Buat Ngadem di Yogyakarta? Datang Saja ke Kaliadem Sleman!

Kaliadem Sleman
Panorama indah Kaliadem di Sleman dengan latar Gunung Merapi. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian lagi suntuk dan penat akibat rutinitas sehari-sehari, pasti butuh tempat tenang buat healing sembari ngadem. Nah di Yogyakarta ada tempat yang cocok tuh, yaitu di objek wisata alam Kaliadem, Sleman.

Tempat wisata alam Kaliadem, Sleman menawarkan suasana alam yang tenang dan udara yang sejuk. Jamin deh akan membuat pikiran dan jiwa Sobat Turisian menjadi lebih tenang dan segar.

Lokasi destinasi wisata alam ini berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 35 km ke arah utara dari pusat Kota Yogyakarta.

Semula kawasan ini merupakan pemukiman warga lokal. Namun setelah Gunung Merapi mengalami erupsi tahun 2010 lalu membuat wilayah tersebut sekarang tidak lagi dihuni.

Kemudian seiring waktu berubah menjadi tempat wisata yang kini populer di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang datang ke Kaliadem karena penasaran ingin melihat sisa-sisa erupsi Gunung Merapi yang meluluhlantakan pedesaan di wilayah lereng gunung tersebut.

Baca juga: Restu Bumi Kreo, Tempat Wisata Kekinian di Sleman dengan Alam Asri dan Sejuk

Letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi membuat Sobat Turisian bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dengan jarak yang relatif dekat. Sekarang kondisi objek wisata Kaliadem Sleman sudah berbenah dan menjadi salah satu spot wisata alam dengan pesona keindahan yang menakjubkan.

Bunker Merapi di Kaliadem Sleman

Belum lagi udara di tempat ini sangat sejuk terutama ketika pagi hari, sehingga membuat Sobat Turisian akan nyaman dan betah berlama-lama di sini. Jangan lupa juga melihat bangunan bunker Merapi yang menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Merapi.

Bunker tersebut sejatinya sebagai tempat perlindungan jika terjadi erupsi. Namun karena dahsyatnya letusan pada tahun 2010, bunker ini juga menelan korban jiwa.

Kini bunker beralihfungsi menjadi spot wisata untuk mengenang tragedi dan korban erupsi tahun 2010. Pengunjung pun boleh masuk dan mengamati langsung bentuk bunker lebih dekat.

Spot Foto & Wisata Jeep di Kaliadem Sleman

Jika sudah puas melihat-lihat dan menikmati pemandangan alam sekitar Kaliadem Sleman, saat Sobat Turisian berburu spot foto buat selfie. Ada beragam spot foto cantik dan instagenik yang wajib Sobat Turisian jadikan latar swafoto. Pasti hasil foto-foto di kawasan Kaliadem sangat kece dan menambah koleksi foto medsos kalian.

Area objek wisata Kaliadem Sleman cukup luas, sehingga akan cukup menguras tenaga buat mengeksplorasinya jika berjalan kaki. Nah solusinya, Sobat Turisian bisa mengambil paket wisata Jeep Merapi yang dijamin seru. Sobat Turisian akan diajak berkeliling ke beragam spot menarik di kawasan Kaliadem Sleman.

Baca juga: Merapi Golf Yogyakarta, Padukan Olahraga dengan Panorama Alam yang Menawan

Oh iya, fasilitas pendukung di sekitar Kaliadem pun sudah cukup lengkap. Seperti kamar mandi, gerai suvenir, warung makan, dan penginapan dengan harga terjangkau. Pokoknya asik berat Sob, wisata ke tempat ini!*

Pos terkait