Imbas Macet di Puncak Bogor Ekornya Sampai Cianjur, Polres Terjunkan 65 Personel

Imbas macet di puncak
Suasana macet di sepanjan Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat. (Foto:Dok.Turisian.com)

TURISIAN.com – Imbas macet di puncak Bogor,  Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, Jawa Barat terpaksa menerjunkan sekitar 65 personel. Mereka ditempatkan ke sejumlah titik rawan kemacetan sepanjang jalur Puncak-Cipanas.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kemacetan total yang sempat melumpuhkan arus lalu lintas selama 14 jam pada Minggu, 15 September 2024.

Kepala Satlantas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Polisi Anjar Maulana, mengatakan para personel telah disebar di sejumlah lokasi, mulai dari Bundaran Tugu Lampu Gentur hingga Puncak Pass.

Mereka bertugas mengatur arus lalu lintas dan mengarahkan pengendara ke jalur alternatif.

BACA JUGA: Kawasan Wisata Puncak Bogor Membara, Ada Penertiban Kios PKL

“Petugas akan mengarahkan pengendara yang menuju Puncak dari Cianjur ke jalur alternatif guna mencairkan antrean kendaraan,” ujar Anjar, Senin lalu.

Sementara itu, sejak Senin pagi 16 September 2024, antrean kendaraan menuju Bogor dari Cianjur masih terlihat mengular.

Sehingga berbagai upaya terus dilakukan petugas di wilayah hukum Bogor. Salah satunya, dengan  mengurai kemacetan yang telah terjadi sejak Minggu pagi.

Anjar menambahkan, kemacetan di Cianjur terjadi sebagai dampak dari kemacetan di Bogor, dengan ekor antrean mencapai 18 kilometer sepanjang jalur Puncak-Cipanas hingga Jalan Raya Cugenang.

BACA JUGA: Tok, Jalur Alternatif Puncak Bogor Resmi Dibereskan, Ini Kata Menteri PUPR

Tingginya Volume Kendaraan

Kondisi ini diperparah oleh tingginya volume kendaraan pendatang yang hendak kembali ke kota asal.

“Kami masih berusaha mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Selanjutnya,  menunggu informasi dari Polres Bogor terkait penerapan rekayasa lalu lintas satu arah dari Cianjur menuju Bogor,” kata Anjar.

Saat ini, kebijakan satu arah dari Bogor menuju Jakarta sedang diterapkan untuk mencairkan penumpukan kendaraan yang terjadi sejak Minggu hingga Senin pagi.

BACA JUGA: Pedagang Buah Puncak Bogor Dapat Berkah Dari Kemacetan

Namun, untuk sistem satu arah dari Cianjur, Anjar belum dapat memastikan kapan akan diberlakukan.

“Kami mengimbau pengendara dari Cianjur dengan tujuan Jabodetabek untuk mengambil jalur alternatif Jonggol. Atau Sukabumi guna menghindari kemacetan parah di kawasan Puncak,” tambahnya.

Sedangkan, pantauan di lapangan hingga Senin sore, volume kendaraan menuju Bogor dari Cianjur terus memanjang.

Laju kendaraan kerap terhenti hingga puluhan menit. Petugas Satlantas Polres Cianjur yang berjaga di sepanjang jalur utama Puncak pun melakukan berbagai rekayasa arus. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan total. ***

Pos terkait