Turis Timor Leste, Pilih NTT Menjadi Tujuan Wisata

Turis Timor Leste
Ilustrasi.Nusa Tenggara Timur memiliki beberapa kesenian yang sangat aktraktif. (iStock)

Turisian.com  – Turis Timor Leste rupanya lebih memilih liburan atau plesiran di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, misalnya,  mencatat jumlah wisatawan negara pecahan Indonesia tersebut  meningkat sebesar 27,17 persen memasuki tahun 2022.

“Pada Januari 2022, jumlah wisatawan mancanegara dari Timor Leste masuk ke Indonesia melalui NTT mencapai 234 orang atau meningkat dari Desember 2021 sebanyak 184 orang atau meningkat 27,17 persen,” kata Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS NTT Demarce Sabuna di Kupang, Selasa 1 Maret 2022, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara dari Timor Leste ke NTT memasuki 2022.

Demarce menjelaskan wisatawan mancanegara masuk ke NTT melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ini, kata dia, menunjukkan adanya perubahan kunjungan wisatawan asing ke NTT yang terus membaik secara bertahap.

Ia mengatakan tren peningkatan kunjungan wisatawan ini dapat dipicu sejumlah aspek seperti kondisi pandemi yang perlahan membaik di mana terjadi penurunan jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terutama NTT.

Selain itu juga sudah semakin luasnya cakupan masyarakat yang berhasil divaksin COVID-19 dalam upaya mewujudkan kekebalan komunitas masyarakat.

Demarce mengatakan kunjungan wisatawan asing ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi perekonomian di NTT melalui belanja wisatawan.

“Kita berharap kondisi pandemi ini segera berangsur pulih sehingga aktivitas kunjungan wisatawan ke NTT kembali membaik yang tentu dapat berdampak positif bagi perekonomian di daerah ini,” katanya. ***

Pos terkait