Sambil Menyaksikan Pekan Olahraga Nasional, Coba Mampir ke 7 Destinasi Sumut Ini

Pekan Olahraga Nasional
Keindahan Pulau Samosir di Danau Toba membuat wisatawan selalu betah untuk tinggal berlama-lama. (Foto: Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 akan menjadi ajang bergengsi yang dihelat di dua provinsi, Aceh dan Sumatra Utara.

Acara olahraga akbar ini tidak hanya memacu adrenalin para atlet. Tetapi juga diprediksi bakal mendongkrak sektor pariwisata di kedua daerah tersebut, khususnya Sumatra Utara.

Provinsi ini telah menyiapkan sejumlah destinasi wisata unggulan yang akan memanjakan para pengunjung, baik wisatawan maupun peserta PON.

Sementara itu, sebanyak 34 cabang olahraga, termasuk wushu, akuatik, drum band, hingga sepak bola, akan digelar di berbagai kabupaten.

Mulai, dari Medan hingga Deli Serdang, Samosir, Karo, dan Simalungun.

Tak diragukan lagi, gelaran PON XXI akan menjadi magnet bagi atlet, ofisial, dan ribuan wisatawan. Terutama, yang ingin menikmati keindahan Sumatra Utara di sela-sela pertandingan.

Sedangkan provinsi ini menawarkan berbagai destinasi ikonik yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut spot wisata yang bisa kalian nikmati, sambil melihat para atlet bertanding.

Istana Maimun

Berlokasi di jantung Kota Medan, Istana Maimun adalah ikon arsitektur Kesultanan Deli yang memadukan unsur Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia. Dengan dominasi warna kuning cerah yang menyelimuti bangunan. Serta hamparan rumput hijau di sekelilingnya, istana ini memancarkan aura kemegahan yang fotogenik. Di dalamnya, wisatawan dapat menyaksikan koleksi barang antik peninggalan Sultan. Mulai dari hadiah kerajaan hingga perhiasan mewah, seakan membawa pengunjung kembali ke era kejayaan Kesultanan Deli.

Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion adalah saksi bisu kejayaan Tjong A Fie, seorang pengusaha dan dermawan yang memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan Kota Medan. Rumah dua lantai yang kini berstatus cagar budaya ini dibangun dengan perpaduan arsitektur Tiongkok, Melayu, Eropa, dan art-deco, mengikuti prinsip feng shui. Dari segi tata letak, mansion ini menyimbolkan harmoni melalui keberadaan ‘sumur surga’—sebuah halaman terbuka di tengah bangunan. Mengunjungi mansion ini bagaikan menelusuri jejak sejarah seorang tokoh yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan Medan.

Bukit Holbung

Keindahan Danau Toba memang tak perlu diragukan lagi, dan Bukit Holbung adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya. Dari puncak bukit yang dapat dicapai dengan mendaki selama sekitar 30 menit. Maka, pengunjung disuguhi panorama luar biasa dari danau terbesar di Asia Tenggara ini. Udara segar dan pemandangan hijau yang membentang sejauh mata memandang membuat Bukit Holbung layak disebut sebagai surga tersembunyi yang memikat hati.

Pulau Samosir

Sebagai pulau di tengah Danau Toba, Samosir menawarkan pengalaman wisata yang unik. Wisatawan bisa menyeberang menggunakan kapal feri untuk menjelajahi pulau ini. Di Samosir, wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi. Seperti pertunjukan budaya Sigale-gale, air terjun yang mempesona, serta danau-danau kecil yang menambah pesona pulau ini.

The Kaldera Toba Nomadic Escape

Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi glamour camping, The Kaldera Toba Nomadic Escape adalah jawabannya. Berlokasi di tebing dengan pemandangan langsung ke Danau Toba dan Desa Sigapiton, destinasi ini menawarkan perpaduan sempurna. Yakni, antara petualangan alam dan kenyamanan modern. Bahkan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pernah menikmati keindahan tempat ini.

Kuliner Khas Sumatra Utara

Selain destinasi wisata, Sumatra Utara juga menawarkan ragam kuliner yang menggugah selera. Bika Ambon, meski namanya mengacu pada Ambon, sesungguhnya berasal dari Medan. Kue ini terkenal dengan tekstur kenyalnya yang khas dan rasa manis yang legit. Lalu ada Mi Gomak, yang sering dijuluki “spageti Batak” karena mi-nya yang tebal dan kenyal. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daging sapi atau ayam serta sayuran. Tak ketinggalan, Ombus-ombus, kue tradisional khas Batak yang berbahan dasar tepung beras dan kelapa parut. Diisi gula merah atau putih, dan dibungkus daun pisang sebelum dikukus.

Dengan segala keindahan dan kekayaan budayanya, Sumatra Utara siap menyambut para peserta PON XXI dan wisatawan dari berbagai penjuru Nusantara. ***

Pos terkait