Pawai Kendaraan Hias Bakal Diramaikan oleh Tiga Perwakilan Negara, Siapa Saja?

Pawai Kendaraan Hias
Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, saat memimpin rapat persiapan Pawai Kendaraan Hias. (Foto: Dok.Humas Kota Bandung)

TURISIAN.com – Delegasi dari Malaysia, China, dan Korea Selatan dipastikan akan turut meramaikan Pawai Kendaraan Hias yang akan digelar pada Minggu, 15 September 2024.

Selain itu, enam kota dan kabupaten di Indonesia juga akan berpartisipasi dalam perayaan Hari Jadi Kota Bandung yang ke-214.

Enam wilayah tersebut meliputi Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kota Tangerang, serta Kabupaten Purwakarta.

Tak ketinggalan, UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) juga akan ambil bagian.

BACA JUGA: Rencana Pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Arief Syaifudin, mengungkapkan bahwa hingga kini sebanyak 85 peserta telah terdaftar untuk ikut serta dalam pawai.

“Kami masih menunggu konfirmasi dari kabupaten dan kota lainnya yang mungkin akan berpartisipasi,” ujar Arief.

Arief menyampaikan agenda event tersebut, saat Rapat Koordinasi Progress Rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) di Balai Kota Bandung, Selasa, 27 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Arief menyebutkan bahwa tiga negara, yakni Malaysia, China, dan Korea Selatan, telah menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan delegasi.

BACA JUGA: Pekan Kerajinan Jawa Barat Diisi Seabrek Event Menarik, Saatnya ke Kota Bandung

60 Perangkat Daerah

“Kami masih berkoordinasi dengan bagian kerja sama untuk delegasi luar negeri lainnya. Semoga jumlah peserta internasional terus bertambah,” katanya.

Dari total 85 peserta, komposisinya terdiri dari 60 perangkat daerah, 3 sektor swasta, 3 asosiasi. Atau komunitas, 3 perguruan tinggi, 4 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), 1 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 6 kabupaten/kota, dan 4 lembaga perbankan.

Selain Pawai Kendaraan Hias, rangkaian acara HJKB juga akan dimeriahkan oleh fashion show, bazar kuliner, dan hiburan di Balai Kota Bandung.

BACA JUGA: Bandung Angklung Festival Masuk 10 Unggulan Kalender Event Kota Bandung 2023

Sedangkan, sejumlah artis dan musisĀ  seperti Cakra Khan, Kuburan Band, Ega Robot. Termasuk, Plat Merah Band telah dipersiapkan oleh Pemkot Bandung untuk memeriahkan acara.

Adapun rute Pawai Kendaraan Hias akan dimulai dari Jalan Diponegoro (Gedung Sate). Selanjutnya, masuuk Jalan Merdeka (Balai Kota Bandung).

Arak-arakan tersebut kemudianĀ  akan berlangsung dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, berharap pawai kali ini bisa berlangsung dengan meriah dan membawa Kota Bandung ke panggung internasional.

“Kami ingin pawai ini mendunia dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Bandung,” ujar Bambang.

Ia juga berharap acara tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan menciptakan “Bandung addict”. ***

Pos terkait