Indonesia Bangun Kerjasama Pengembangan Gim dengan Savvy Games Group

Chief Executive Officer, Savvy Games Group, Brian Ward saat menjelaskan pola kerjasama pengembangan gim kepada Menparekraf Sandiaga Uno, di Koelnmesse Halle, Jerman, Rabu 21 Agustus 2024. (Foto: Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, tengah menggagas kolaborasi ambisius dengan Savvy Games Group.

Sebuah, raksasa gim dan e-sport asal Arab Saudi, guna memperkuat subsektor gim di Indonesia.

Sementara itu, di panggung megah Gamescom 2024, Jerman, Sandiaga berkesempatan bertemu CEO Savvy Games Group, Brian Ward.

Pertemuan tersebut, untuk menjajaki peluang kerja sama yang diharapkan mampu menggebrak industri gim lokal.

BACA JUGA: WJF 2024 Hadirkan Pameran Gim, Aplikasi, dan Animasi Keren

Sedangkan dalam pertemuan itu, keduanya berdiskusi tentang visi besar. Yakni,  bagaimana Savvy Games Group, yang telah menguasai pasar gim global, bisa berkolaborasi dengan pengembang gim Indonesia.

Tak hanya soal investasi, Sandiaga juga mengusulkan event gim internasional berskala besar di destinasi ikonik seperti Bali atau Jakarta, yang pastinya akan menggema di kancah e-sport dunia.

Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu pasar gim terbesar, dengan 100-200 juta pemain di berbagai platform.

BACA JUGA: Sriwijaya Lantern Festival 2023, Menghadirkan Berbagai ‘Gimmick’ Menarik

Savvy Games Group melihat potensi besar di sini, apalagi dengan didukungnya ekosistem lokal oleh Peraturan Presiden. Yaitu, tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Sebuah langkah strategis yang menempatkan Indonesia di jalur pertumbuhan industri gim yang pesat dan menjanjikan.

Brian Ward pun tak kalah antusias. Savvy Games Group, yang memiliki pengembang gim terbesar keempat di dunia, tengah berambisi melakukan ekspansi ke Asia Tenggara. Dan Indonesia jadi target utama.

BACA JUGA: Nasi Uduk Ala Betawi Ini, Ramainya Minta Ampun Deh, Segimana Enaknya Sih?

“Kami mencari talenta dan studio gim terbaik untuk masuk dalam portofolio kami,” ujarnya, seraya menyambut hangat kedatangan Sandiaga dan delegasi dari Asosiasi Game Indonesia.

Dengan potensi pasar yang sangat besar dan dukungan penuh dari pemerintah, kolaborasi ini diharapkan mampu membawa industri gim Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

Menjadikan negara ini sebagai salah satu pemain utama di panggung global. ***

Pos terkait