Rasa Kagum Menteri Desa Abdul Halim Terhadap Desa Wisata Ini, Dimana?

Menteri Desa
Pengunjung yang datang ke desa wisata Desa Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur turut berkegiatan panen padi. (Instagram/@sobo.ketapanrame)

TURISIAN.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, tak bisa menyembunyikan rasa kagumnya. Terutama, saat menginjakkan kaki kembali di Desa Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur.

Desa yang menorehkan prestasi sebagai pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 itu, kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata unggulan yang tak kalah dengan daerah lainnya.

“Saat pertama kali saya datang, kondisinya jauh berbeda. Kini, perubahan itu begitu nyata, produktivitasnya meningkat pesat,” ujar Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim, saat meninjau berbagai fasilitas desa, baru-baru ini.

BACA JUGA: Kemenparekraf Usung Gagasan Sound Healing untuk Desa Wisata

Disambut hangat oleh Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa Mojokerto, Yudha Akbar Prabowo, dan Kepala Desa Ketapanrame, Zainul Arifin, Gus Halim tak sekadar berkunjung.

Ia menyempatkan diri berkeliling desa, berdialog dengan pengunjung, hingga menjajal wahana kereta sawah di wisata sawah Sumber Gempong.

Tak berhenti di situ, Gus Halim juga memberi makan ikan di kolam sekitar kereta sawah, sembari melayani permintaan foto bersama dari ratusan santriwati yang mengenakan seragam Pramuka.

BACA JUGA: Menteri Sandiaga Uno Kagumi Keindahan Desa Wisata Cisaat Subang

Sementara itu, Desa Ketapanrame kini menjadikan wisata alam sebagai ujung tombak daya tariknya. Tiga destinasi utama, yaitu Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan Sumber Gempong, menjadi magnet bagi para wisatawan.

Sedangkan, kunjungan Gus Halim kali ini turut didampingi sejumlah pejabat dari Kemendes PDTT. Termasuk Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Luthfiyah Nurlaela.

Dan, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa, Helmiati. ***

Pos terkait