Kampung Wisata Kreatif Warisan Budaya Braga Kini Disermarakan oleh Mural

Kampung Wisata Kreatif
Seorang anak muda ikut memeriahkan mural di Kampung Wisata Kreatif Warisan Budaya dan Sejarah Braga di RW 08 Kelurahan Braga, Kota Bandung. Foto: Humas Pemkot Bandung

TURISIAN.com – Kampung Wisata Kreatif Warisan Budaya dan Sejarah Braga di RW 08 Kelurahan Braga kini semakin semarak dengan mural.

Karya lukis ini, merupakan hasil kontribusi dari program Corporate Social Responsibility (CSR) beberapa perusahaan dan asosiasi.

Diantaranya, BJB Cabang Tamansari, PT. Rajawali Hiyoto (Sanlex), Asosiasi Riung Priangan, dan Asosiasi Cafe dan Restoran (AKAR) Jawa Barat.

Sementara itu, penyerahan bantuan CSR dan peluncuran mural tersebut resmi dilakukan sejak  Sabtu, 27 Juli 2024.

Warga RW 08 Kelurahan Braga menyambut gembira inisiatif ini yang diharapkan dapat menambah daya tarik Kampung Braga sebagai destinasi wisata kreatif.

BACA JUGA: Jalan Braga Bandung, Jejak Nama yang Masih Membawa Misteri

Sedangkan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Arief Syaifudin, mengapresiasi setinggi-tingginya kontribusi perusahaan-perusahaan tersebut.

“Dukungan ini tidak hanya menunjukkan komitmen perusahaan dalam pembangunan Kota Bandung. Tetapi juga menjadi bukti nyata dari sinergi antara pemerintah. Khususnya, dengan masyarakat, dan dunia usaha dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya kita,” ujar Arief.

Menurut Arief, mural ini tidak hanya akan memperindah lingkungan Kampung Wisata Kreatif Braga. Namun,  juga menjadi media edukasi dan penyampaian pesan-pesan positif kepada masyarakat.

BACA JUGA: Destinasi Unik, Museum Patah Hati di Braga Kota Bandung

Daya Tarik Baru

Ia berharap karya seni mural ini dapat menjadi daya tarik baru yang mampu meningkatkan kunjungan wisata. Tentu saja, dengan menonjolkan keindahan fisik serta kekayaan sejarah dan budaya yang dimiliki.

“Saya mengajak seluruh warga untuk turut serta menjaga dan merawat hasil dari program ini,” ungkapnya.

“Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa karya-karya seni ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” tambahnya.

BACA JUGA: Rumah Seni Ropih, Pelopor Penjualan Lukisan di Kawasan Braga Kota Bandung

Dibagian lain, Kepala Bidang Kepariwisataan Disbudpar Kota Bandung, Yayah Sumiati, menyebutkan bahwa saat ini sudah ada 8 Kampung Wisata Kreatif (KWK) yang diluncurkan sesuai janji wali kota.

Yakni KWK Braga, Binong Jati, Cigadung, Cigondewah, Cibaduyut, Cinambo, Gedebage, dan Pasir Kunci.

“Penataan Kampung Wisata Kreatif Warisan Budaya dan Sejarah Braga diawali dengan simbolis penyerahan bantuan CSR dan dimulainya pelaksanaan mural. Terima kasih atas kerja sama pihak-pihak yang telah memberikan bantuan,” ungkap Yayah.

Dengan semangat kebersamaan, warga dan pemerintah Kota Bandung berharap proyek mural ini bisa menjadi ikon baru yang menghidupkan kembali kejayaan budaya Braga. ***

Pos terkait