Koko Koswara Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua DPD Asperapi Jawa Barat Periode 2024-2027

Koko Koswara
Ketua Umum Asperapi Hosea Andreas Runkat saat memberikan bendera asosiasi kepada Koko Koswara usai dirinya terpiloh sebagai Ketua DPD Asperapi Jawa Barat, Rabu 26 Juni 2024. Foto: Turisian.com/Duta Ilham)

TURISIAN.com – Melalui mekanisme Musyawarah Daerah (Musda) VI, Koko Koswara terpilih  sebagai Ketua DPD Asperapi  Jawa Barat periode 2024-2027, Rabu 26 Juni 2024.

Pemilihan ini dilakukan secara aklamasi  yang berlangsung di Grand Asrilia Hotel, Kota Bandung, Rabu, 26 Juni 2024.

Dalam Musda VI Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Perusahaan Pameran (DPD Asperapi)  Jabar kali ini mengusung tema “Semangat Menuju Bangkitnya Industri MICE Jawa Barat”.

Sedangkan, kegiatan Musda tersebut dihadiri lebih dari 33 peserta. Mereka adalah anggota aktif DPD Asperapi yang terdaftar di wilayah Jawa Barat.

BACA JUGA: Pameran Seni di Jakarta Ini Menarik untuk Menelusuri Berbagai Gallery

Ada dua agenda utama dalam Musda VI ini, yakni pengesahan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2020-2023. Dan pemilihan Ketua DPD Asperapi Jawa Barat untuk periode 2024-2027.

Acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Ketua Umum ASPERAPI Hosea Andreas Runkat, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar.

Kemudian, juga hadir  Ketua ASITA Jawa Barat Budi Aardiansjah, Ketua PHRI Jawa Barat Dodi Ahmad Sofiandi, Wakil Ketua Kadin Jawa Barat Yedi Karyadi, serta perwakilan Kadisparbud Jabar, Heni.

BACA JUGA: Menapaki Jejak Kreativitas dan Sejarah Tiongkok di Kota Bandung

Tim yang Kokoh

Dalam sambutannya, Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar menyatakan keyakinannya bahwa Koko Koswara akan mampu melanjutkan program-program Asperapi yang sebelumnya dipimpin oleh Dede Koswara.

“Pak Koko bukan orang baru di dunia pariwisata Jawa Barat. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan asosiasi, termasuk di kepengurusan GIPI,” ujar Herman.

Herman juga mengingatkan tentang tugas berat yang menanti Asperapi di masa depan, terutama dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata di Jawa Barat.

BACA JUGA: KAI Expo 2023, Pameran Terbesar dengan Memberikan 73.500 Tiket Diskon

“Musda ini harus menjadi momentum kebangkitan industri MICE pasca pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Meningkatkan penyelenggaraan event pameran di seluruh Jawa Barat sehingga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum Asperapi Hosea Andreas Runkat menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan asosiasi pariwisata. Termasuk Asperapi yang memiliki perhatian besar terhadap penyelenggaraan MICE.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa melibatkan asosiasi-asosiasi. Seperti Asperapi, ASITA, dan Astindo dalam program-program swakelola tipe III, agar anggarannya terserap dan tepat sasaran,” kata Andreas.

BACA JUGA: Dyandra Promosindo Bakal Hadirkan Konsep Baru di Pameran IIMS 2024, Seperti Apa?

Sementara itu, Koko Koswara dalam pidatonya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin Asperapi Jawa Barat.

“Saya ibaratkan organisasi ini seperti sopir yang membawa kendaraan. Ia harus didukung oleh tim yang kokoh. Dengan niat yang baik dan kekompakan tim, Asperapi bisa berkontribusi lebih besar bagi pembangunan Jawa Barat,” ungkapnya.

Begitu pun, dengan terpilihnya Koko Koswara, diharapkan Asperapi Jawa Barat akan semakin solid dan mampu membawa industri MICE di Jawa Barat menuju kebangkitan pasca pandemi.***

Pos terkait