Pameran Seni di Jakarta Ini Menarik untuk Menelusuri Berbagai Gallery

Pameran Seni
Seorang pengunjung di Galery ROH Projects sedang memandangi lukisan instalasi. (IG/@xixijoyxii)

TURISIAN.com – Menghabiskan libur akhir pekan di bulan Juni 2024 ini,  mengunjungi pameran seni bisa menjadi pilihan yang cerdas dan menginspirasi.

Saat ini ibu kota Jakarta, dengan berbagai galerinya, menawarkan sejumlah pameran menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Dua di antaranya adalah Galeri ROH Project dan Galeri Zen1 yang menghadirkan karya-karya seni kontemporer dari seniman terkemuka.

Galeri ROH Project: Menyentuh Batas Ego dan Kesadaran

Berlokasi di Jalan Surabaya Nomor 66, Cikini, Jakarta Pusat, Galeri ROH Project menjadi destinasi menarik bagi pecinta seni. Hingga 23 Juni 2024, galeri ini memamerkan karya-karya Agus Suwage dan Nadya Jiwa.

Pameran ini menampilkan instalasi dan lukisan yang menggugah pikiran.

BACA JUGA: Ada Banyak Diskon Menarik dari PT KA di Jakarta Fair Kemayoran, Apa Saja?

Agus Suwage mempersembahkan instalasi monumental bertajuk “Monumen Ego,” sebuah patung setinggi 5,5 meter yang dibangun dari balok-balok panel seng dan lukisan.

Sementara itu, Nadya Jiwa menyuguhkan 11 lukisan dalam seri berjudul “Sadar,” yang mengajak pengunjung merenungi kesadaran diri.

Menurut Nabila Saladina, pemandu galeri ROH, kunjungan terbaik adalah pada pagi atau sore hari untuk menghindari kepadatan pengunjung. Pada Minggu siang, antrean di galeri bisa mencapai 35 orang.

Galeri Zen1: Tempat Berkumpulnya Seni dan Publik Figur

BACA JUGA: Ini 6 Wisata Indoor di Jakarta, Pilihan Tepat di Tengah Cuaca Tak Menentu

Galeri Zen1 Jakarta, yang merupakan cabang dari Galeri Zen1 di Bali, terletak di Jalan Purworejo Nomor 24, Dukuh Atas, Menteng, Jakarta Pusat.

Sejak dibuka pada 2023, galeri ini menampilkan 25 hingga 30 lukisan dari seniman kontemporer Indonesia, dengan koleksi yang selalu berganti setiap bulan.

Menurut Gunawan Santoso, Manajer Galeri Zen1, galeri ini telah menjadi tuan rumah bagi berbagai kegiatan seni yang dihadiri oleh figur publik. Seperti Katon Bagaskara, Helmy Yahya, dan Chelsea Islan.

BACA JUGA: Jakarta Fair Kemayoran 2024, Gelaran Megah di Jantung Ibu Kota, Ini Harga Tiketnya

Galeri ini buka gratis untuk umum dari pukul 11.00 hingga 19.00 pada hari kerja. Dan pukul 09.00 hingga 20.00 pada akhir pekan. Bagi pengunjung yang datang berombongan, reservasi sehari sebelumnya sangat dianjurkan.

Lokasi galeri mudah dijangkau dengan kereta rel listrik yang turun di Stasiun Sudirman. Atau bus TransJakarta koridor 4C dan 2P yang turun di Halte Tosari 1, kemudian berjalan kaki sekitar 230 meter.

Mengunjungi pameran di Galeri ROH Project dan Galeri Zen1 di libur akhir pekan bisa menjadi pengalaman yang memperkaya wawasan.

Tentu, juga sekaligus  memberikan inspirasi baru melalui karya-karya seni kontemporer yang dipamerkan. ***

Pos terkait