Launching Buku ‘Spektakuler Pariwisata Lampung’ Karya Prof Dr Sapta Nirwandar, Ini Kata Henri Husada

Prof Dr Sapta Nirwandar
Tokoh Pariwisata Henry Husada saat hadir dalam acara Launching Buku bertema ‘Spektakuler Pariwisata Lampung’ (karya Sapta Nirwandar dan Frans Teguh), pada Jumat malam, 31 Mei 2024. Foto: Ist

TURISIAN.com – Tokoh pariwisata tanah air Henry Husada menyampaikan apresiasi terhadap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekokomi Kreatif 2011-2014, Prof Dr Sapta Nirwandar.

Di usianya yang menginjak 70 tahun ternyata masih sangat produktif. Hal ini dibuktikan dengan Launching Buku bertema ‘Spektakuler Pariwisata Lampung’ (karya Sapta Nirwandar dan Frans Teguh), pada Jumat malam, 31 Mei 2024.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada bapak  Sapta, beliau masih sangat produktif. Kepeduliannya terhadap pariwisata di Indonesia juga sangat tinggi,” kata Henry hadir di acara launching buku sekaligus syukuran 70 tahun Sapta Nirwandar di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutan RI di Jalan Gatot Subroto No.2 Jakarta Pusat tersebut.

Sementara itu, selain buku “Spektakuler Pariwisata Lampung”, pada waktu bersama juga diluncurkan buku “Birokrat Wirausaha” karya Hilda Ansariah Sabri.

BACA JUGA: Pemerintah Segera Susun Standar Prosedur Kapal Wisata di Labuan Bajo

Henry Husada foto bersama Prof Sapta Nirwandar. Foto: Ist

Sapta Nirwandar hadir dengan mengenakan kemeja hitam berselendang kain Tapis khas Lampung. Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para hadirin, terutama rekan sejawat, teman sekolah, dan keluarga besar.

Karya tentang kepariwisataan

“Di malam yang berbahagia ini, saya mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kehadiran segenap teman-teman. Terutama dari Klub Wakil Menteri, teman SMA 2 dari Lampung, SMA 6 Yogyakarta, Alumni Unpad Bandung.Dan tidak lupa ucapan terima kasih kepada keluarga besar saya dari Lampung,” ucap Sapta.

Ditempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, turut memberikan  mengapresiasi kontribusi Sapta Nirwandar di usia yang telah menginjak 70 tahun.

BACA JUGA: BBN Airlines Indonesia Tambah Maskapai, Ingin Tembus 40 Pesawat

Henry Husada bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat menghadiri peluncuran Buku Prof Dr Sapta Nirwandar, Jumat malam, 31 Mei 2024. Foto: Ist

“Di usia yang telah genap 70 tahun ini, senior saya, Abang saya Sapta Nirwandar masih memberikan kontribusinya. Berupa karya tentang kepariwisataan,” ujar Sandiaga.

“Semoga beliau diberikan kesehatan dan panjang umur. Aamiin,” sambungnya.

Buku setebal 281 halaman ini mengangkat kekayaan alam Lampung, termasuk komoditas seperti lada, kopi, dan durian.

Selain itu, buku ini juga menampilkan destinasi unggulan Provinsi Lampung. Seperti Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Pantai Tanjung Setia di Kabupaten Pesisir Barat. Dan Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA: Festival Karisma Event Nusantara 2024, Ini Pesan Sandiaga Uno

Situs bersejarah seperti Prasasti Batu Bedil, Situs Batu Gajah, dan Skala Brak juga diulas. Tak ketinggalan kerajinan khas Lampung berupa kain Tapis, rumah adat Suku Lampung, serta makanan khas Lampung, Seruit.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula tokoh-tokoh penting lainnya, seperti mantan Menteri Pariwisata Jero Wacik, mantan Pj Gubernur Lampung Thursandi Alwi. Bahkan, sejumlah undangan terhormat lainnya.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan penyanyi lawas Sundari Sukotjo, Ita Purnamasari, aktris Christine Hakim, dan Dwi Dharmawan Light Orchestra, serta Timutiwa Choir. ***

Pos terkait