Luncurkan Jabar Digital Community, Menyatukan Pemangku Kepentingan

Jabar Digital Community
Diskusi Panel TechUpdate Spesial 2023 yang baru-baru ini digelar di Gedung Sate, Kota Bandung. (Foto: Humas JabaR)

TURISIAN.com — Luncurkan Jabar Digital Community, Pemda Jawa Barat terus mengakselerasi digitalisasi dengan menggali berbagai potensi digital yang ada.

Oleh karena itu diperlukan sebuah forum yang menyatukan berbagai elemen. Tujuannya, tidak lain agar teknologi dan inovasi bekerja secara terintegrasi.

Dan, salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah pembentukan Jabar Digital Community.

Dimana forum ini , sebagai wadah berjejaring, pelayanan masyarakat, dan laboratorium pengembangan bagi komunitas digital.

Sedangkan Jabar Digital Community sendiri telah diluncurkan pada TechUpdate Spesial 2023 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar,

Launching-nya berlangsung di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu pekan lalu.

BACA JUGA: Teten Masduki Ingin Mendorong Era Baru UMKM Indonesia Melalui Digitalisasi

Kehadiran komunitas ini didasarkan pada prinsip bahwa digitalisasi tak melulu soal IT. Namun juga melibatkan pentingnya kolaborasi antarkomunitas dalam menghadapi era digitalisasi yang dinamis.

Menyatukan Pemangku Kepentingan

Menurut Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah, TachUpdate Spesial 2023 menjadi langkah penting dalam perjalanan digitalisasi Jabar menuju masa depan berkelanjutan.

TechUpdate juga menyatukan pemangku kepentingan digital dari ragam sektor, untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan.

BACA JUGA: Pemilik Usaha Gula Semut Ini Akui Digitalisasi Tekan Biaya Promosi

ka Mardiah menyampaikan pencapaian dan rencana digitalisasi di Jabar. Salah satu rencana yang sedang dikaji adalah penerapan X-Road untuk pertukaran data dan integrasi.

“Begitu pula teknologi blockchain yang akan diujicoba. Semoga bisa terlaksana di awal tahun depan,” ujar Ika Mardiah. dalam ketera gan persnya yang diterima Turisian.com, Kamis 23 November 2023.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung TechUpdate Spesial 2023.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemen Kominfo Slamet Santoso menyampaikan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur komunikasi, pengembangan talenta digital, dan pusat data.

BACA JUGA: Ada Kabar Baik Nih Buat yang Mau Mengunjungi Karimunjawa

Kolaboratif, Inovatif dan Inklusif

“Agar Indonesia makin terkoneksi, makin digital, dan makin maju,” kata Slamet.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam TechUpdate Spesial 2023 utama adalah pengenalan program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Tampil sebagai pemberi materi, Ibnu Fikri Ganjar, Startup Sustainability Manager di 1.000 Startup Digital Jabar.

Gerakan yang diinisiasi Kemen Kominfo sejak tahun 2016 bertujuan mengembangkan talenta startup digital. Sekaligus, mendorong terciptanya solusi digital.

Dan membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif dan inklusif.

“Di Jawa Barat, ada 97 pentaheliks, 59 penggerak dari berbagai sektor, 45 mentor dan fasilitator. Dan 1.656 calon startup founder digital yang bergabung di Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital,” ungkap Ibnu. ***

Pos terkait