Festival Pelajar Nusantara, Membangun Semangat untuk Berprestasi

Festival Pelajar Nusantara
Peserta dari SMA Kartika berhasil meraih Juara 3 Lomba Tari Lulo Kreasi Festival Pelajar Nusantara RRI Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin 23 Oktober 2023. (Instagram/@sma_kartika_xx_2_kendari

TURISIAN.com –  Festival Pelajar Nusantara (FPN) yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 22 hingga 23 Oktober 2023, berlangsung cukup gemerlap diseluruh RRI Indonesia.

Event ini memang  digelar serentak oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di seluruh pelosok negeri.

Tak terkecuali di  Sulawesi Tenggara, khususnya di Kendari juga mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi.

Begitu pun Kegiatan FPN yang menjadi agenda tahunan ini tak hanya mendapat respon hangat dari pemerintah provinsi, tetapi juga mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.

Utamanya, yang selama ini berperan penting dalam menyukseskan perhelatan prestisius ini.

BACA JUGA: Dekranasda Kota Kendari, Memikat Jakarta dengan Pesona Tenunan Lokal

Sementara itu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusmin, Senin 23 Oktober 2023 menjelaskan terus mendorong mereka (para pelajar) untuk meraih prestasi dan mengembangkan kreativitas.

Mencegah Tawuran

Menurutnya, kegiatan seperti FPN memiliki peran penting dalam menghilangkan berbagai hal negatif. Seperti minuman keras, tawuran, intoleransi, dan radikalisme yang bisa menghinggapi siswa-siswi di Sulawesi Tenggara.

“Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, kita ingin menghilangkan semua hal-hal yang negatif. Seperti minuman keras, tawuran, intoleransi, radikalisme, itu tidak boleh di siswa-siswi di Sulawesi Tenggara,” tegas Yusmin.

BACA JUGA: Kota Kendari Didorong Menjadi ‘Waterfront City’ Berbasis Pariwisata

Ia juga menekankan pentingnya profesionalitas dan sportivitas dalam meraih prestasi, baik bagi setiap sekolah maupun pelajar.

“Maka mari kita bertanding, berkompetisi secara fair. Karena ini yang paling utama. Bukan harus juara 1, juara 2 dan 3. Dan saya minta juga kepada para juri agar menyeleksi dengan baik anak-anak kita dengan profesional,” paparnya dengan tekad yang kuat.

FPN 2023, yang digelar di pelataran Kantor LPP RRI Kendari, menampilkan beragam kompetisi.

BACA JUGA: Teluk Kendari Bakal Dibangun Destinasi Seperti Ancol, Seperti Ini Programnya

Di hari pertama, terdapat lomba kreasi baris-berbaris yang memukau, sementara hari kedua diisi dengan pesona lomba kreasi tari Lulo.

Tak hanya itu, sejumlah sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara turut memeriahkan perhelatan ini.

S,ementara UMKM di Kota Kendari turut andil dalam mengisi acara ini dengan berbagai produk unggulan mereka. FPN 2023 berhasil menghadirkan semangat juang dan prestasi yang membangkitkan di tengah para pelajar di Kendari, Sulawesi Tenggara. ***

Pos terkait