Goa Kiskendo Kulon Progo Bakal Dikelola Lebih Megah Lagi

Kulon Progo
Goa Kiskendo telah dikenal dengan lorong-lorong goa berliku yang mempesona, dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau.(Instagram/@goakiskendo)

TURISIAN.com – Dalam sebuah pernyataan yang mencuri perhatian, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo,Yogyakarta  Joko Mursito, mengungkapkan rencana megah mereka.

Apalagi, kalau bukan untuk mengubah Goa Kiskendo menjadi sebuah taman wisata yang menakjubkan.

Goa yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo ini akan menjadi destinasi unggulan untuk wisata budaya dan geoheritage.

“Kami fokuskan pembangunan Gua Kiskendo pada tahun 2023 ini,” ujar Joko dengan penuh semangat, hari ini.

BACA JUGA: Objek Wisata di Kulon Progo Siapkan Tontonan Hari Raya Idul Fitri

Pembangunan ini akan mencakup transformasi total, termasuk pembangunan kawasan kuliner yang menggoda selera, taman bermain anak yang mengasyikkan. Dan pelbagai aktivitas budaya yang memukau.

Saat ini, Goa Kiskendo telah dikenal dengan lorong-lorong goa berliku yang mempesona, dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau.

Namun, pengembangan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman susur goa. Melainkan juga untuk memberikan daya tarik yang lebih luas bagi para pengunjung.

Dipersiapkan Berbagai Atraksi

“Kami melihat dari sisi penataan perlu diperindah supaya menarik wisatawan. Orang jauh-jauh datang untuk melihat daya tarik apa, selain goa,” ungkap Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, saat ia menginspeksi goa tersebut.

BACA JUGA: Embung Kleco, Waduk Buatan di Kulon Progo yang Sajikan Pesona Alam nan Eksotik

Oleh sebab itu, pihaknya akan mempersiapkan atraksi lainnya guna memikat banyak orang untuk datang ke kawasan ini.

”ermasuk sendratari menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Ni Made Dwipanti Indrayanti juga memberikan pesan penting tentang pentingnya fasilitas pendukung yang berkualitas.

Toilet bersih adalah salah satu dari banyak aspek yang akan meningkatkan kenyamanan pengunjung.

BACA JUGA: Terpukau Keindahan Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo

Dengan penataan yang lebih baik dan fasilitas yang lebih memadai, Goa Kiskendo diharapkan akan dapat menarik lebih banyak pengunjung.

“Tidak semua orang suka goa, hanya wisatawan dengan minat khusus. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan diorama dan fasilitas informasi yang akurat,” tambahnya.

Dengan demikian, Goa Kiskendo akan segera menghadirkan pesona baru. Dimana,  tidak hanya memukau para pengunjung dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan pengalaman wisata yang tak terlupakan.. ***

Pos terkait